Kompas.com - 03/06/2022, 07:00 WIB

KOMPAS.comHari Sepeda Sedunia atau World Bicycle Day diperingati setiap tanggal 3 Juni setiap tahunnya.

Peringatan Hari Sepeda Sedunia ini bertujuan untuk mengingatkan kita akan fungsi sepeda sebagai moda transportasi, rekreasi, gerakan pelestarian lingkungan serta mempromosikan keselamatan bersepeda.

Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) meresmikan perayaan ini pada 2018. Pada Jumat, 3 Juni 2022 merupakan perayaan kelima sejak pertama kali diresmikan.

Berbagai kegiatan seru pun kerap diselenggarakan, seperti agenda bersepeda bersama, event pendidikan, instalasi seni di ruang publik sampai kegiatan amal.

Berkaitan dengan perayaan ini, mari kita pahami apa itu Hari Sepeda Sedunia dan seperti apa sejarahnya?

Baca juga: Hari Sepeda Sedunia dan Perubahan Gaya Hidup di Tengah Pandemi...

Sejarah singkat Hari Sepeda Sedunia

Perayaan Hari Sepeda Sedunia dimulai ketika Profesor Leszek Sibilski yang berbasis di Amerika Serikat yang menggagas kampanye bersama orang-orang di kelas sosiologi.

Tujuan dari kampanye itu adalah untuk mempromosikan resolusi PBB yang akan menetapkan hari untuk advokasi dan perayaan sepeda sederhana di seluruh dunia.

Pada 2015, Sibliski mendedikasikan diri  untuk sebuah proyek akademis, mengeksplorasi sepeda dan perannya dalam pembangunan.

Proyek itu pun melambung menjadi gerakan besar yang didukung oleh "Mobilitas berkelanjutan untuk semua", dan akhirnya menghasilkan peringatan khusus yang ditetapkan PBB pada 12 April 2018.

PBB kemudian menetapkan perayaan Hari Sepeda Sedunia pada 3 Juni yang diperoleh dari dukungan 193 negara di seluruh dunia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.