Kompas.com - 03/06/2022, 09:10 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tidak sedikit studi yang menunjukkan manfaat kopi dalam menjaga kesehatan tubuh, termasuk memperpanjang usia dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Namun hampir dari semua studi terdahulu menekankan manfaat kopi akan hilang jika minuman itu ditambahkan pemanis.

Temuan studi terbaru yang dimuat dalam jurnal Annals of Internal Medicine agaknya akan mengejutkan kita.

Hasil studi itu menyatakan, individu yang minum kopi --baik menggunakan pemanis maupun tidak-- dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah dibandingkan mereka yang bukan peminum kopi.

Para peneliti mensurvei 171.615 peserta di Inggris sebanyak lima kali dalam setahun untuk mengetahui gaya hidup, termasuk kebiasaan mereka minum kopi.

Dari survei tersebut, peneliti kemudian melihat sertifikat kematian untuk mengetahui siapa saja yang meninggal tujuh tahun kemudian.

Peserta yang dilibatkan dalam survei berusia antara 37-73 tahun. Mereka melaporkan tidak memiliki penyakit kardiovaskular atau kanker pada saat disurvei.

Baca juga: 4 Cara Bijak Minum Kopi Tanpa Mengganggu Kesehatan Tubuh

Diketahui, peserta yang minum kopi dalam jumlah sedang (1,5-3,5 cangkir per hari), walaupun dengan pemanis, memiliki risiko kematian sekitar 30 persen lebih rendah.

Hasil ini dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi, kata Dr Christina Wee, profesor kedokteran di Harvard Medical School. Ia tidak terlibat dalam studi ini.

Wee menambahkan, peserta yang minum kopi tanpa pemanis memiliki risiko kematian antara 16-29 persen lebih rendah dibandingkan peminum non-kopi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.