Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/06/2022, 12:33 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hingga saat ini, masih cukup banyak yang menganggap bahwa susu cukup dikonsumsi oleh anak-anak saja.

Padahal kenyataanya, susu juga perlu dikonsumsi oleh orang dewasa. Hal ini disebabkan karena susu adalah sumber yang terjangkau dari beberapa nutrisi penting untuk pertumbuhan tubuh, seperti protein, kalsium, dan seng.

Tak hanya itu, Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia, Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah, MS. juga menegaskan bahwa tubuh kita membutuhkan 20 jenis asam amino dengan sembilan di antaranya merupakan asam amino esensial dan sisanya adalah asam amino non esensial.

Lenih lanjut, Prof. Hardinsyah mengatakan bahwa protein hewani seperti susu memiliki asam amino esensial yang lebih lengkap dan dilengkapi dengan vitamin dan mineral yang juga dibutuhkan tubuh.

Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia, Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah, MS. Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia, Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah, MS.

Lalu jika dilihat secara lebih spesifik, susu memiliki peran penting berbeda pada setiap tahapan usia.

“Pada 1.000 hari pertama kehidupan (HPK), susu dalam bentuk ASI merupakan makanan alami yang memainkan peran krusial dalam pertumbuhan otak," ujar Prof. Hardinsyah dalam webinar perayaan Hari Susu Sedunia & Hari Susu Nusantara yang diadakan oleh Frisian Flag Indonesia pada Kamis (2/6/2022).

"Di tahap anak dan remaja, susu mendukung pertumbuhan tulang dan otot. Sementara pada tahap dewasa dan lansia, susu berperan penting dalam menjaga sistem hormon dan imunitas tubuh, serta mencegah osteoporosis,” 

Prof. Hardinsyah melanjutkan, kesehatan seseorang juga akan lebih optimal bila asupan susu dibarengi dengan penerapan gaya hidup aktif dan sehat.

Sementara itu pengamat gaya hidup, Dwi Sutarjantono mengungkapkan bahwa kebiasaan minum susu di kalangan masyarakat Indonesia telah dimulai sejak zaman dulu, tepatnya pada masa penjajahan.

Menurut Dwi, kebiasaan minum susu itu diyakini dan terbukti memiliki peran baik dalam menunjang kesehatan sejak lama.

Tak berhenti di situ, seiring berjalannya waktu, susu juga terus bertransformasi menjadi asupan yang bukan hanya kaya manfaat, tapi juga kaya rasa, dan hadir dalam ragam rupa.

Hal ini menjadikan susu secara tidak disadari, telah menjadi bagian dari keseharian masyarakat.

"Kian meningkatnya kesadaran akan urgensi pola hidup sehat dan olahraga, juga menguatkan peran susu sebagai bagian dari penerapan gaya hidup sehat saat ini,” kata Dwi.

Lebih lanjut, Dwi mengatakan kehadiran sosial media dan aneka kuliner kekinian, baik makanan dan minuman yang memanfaatkan susu sebagai bahan asupan, menjadikan peran susu di kehidupan saat ini tak terelakkan.

Kiri Atas: Pasangan dan Keluarga Muda, Ayudia C & Dittopercussion; Kiri Bawah: Pengamat Gaya Hidup, Dwi Sutarjantono; Kanan Tengah: Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia, Andrew F. Saputro, Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia, Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah, MS, Moderator, Melanie Putria pada kegiatan Webinar Frisian Flag Indonesia - 'Rayakan Hari Susu Sedunia & Hari Susu Nusantara: Susu Untuk Setiap Tahap dan Sisi Kehidupan', Kamis (2/6/2022) Kiri Atas: Pasangan dan Keluarga Muda, Ayudia C & Dittopercussion; Kiri Bawah: Pengamat Gaya Hidup, Dwi Sutarjantono; Kanan Tengah: Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia, Andrew F. Saputro, Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia, Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah, MS, Moderator, Melanie Putria pada kegiatan Webinar Frisian Flag Indonesia - 'Rayakan Hari Susu Sedunia & Hari Susu Nusantara: Susu Untuk Setiap Tahap dan Sisi Kehidupan', Kamis (2/6/2022)

Bahkan, kehadiran susu sebagai bagian dari gaya hidup juga dirasakan oleh pasangan selebritas dan keluarga muda Ayudia dan Ditto.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com