Kompas.com - 03/06/2022, 15:15 WIB

KOMPAS.comBarter.in Vol.1 : Gerakan Saling Bertukar digelar di Bentara Budaya, Jakarta pada 3 Juni 2022, mulai pukul 09.00 - 17.00 WIB.

Ini merupakan sebuah program SayaPilihBumi yang diinisiasi oleh National Geographic Indonesia dan Kompas Gramedia yang bertujuan untuk mengembalikan budaya barter seperti zaman dahulu kala.

"Gerakan saling tukar menukar atau barter itu lekat dengan kita. Biasanya kita barter pakaian dengan teman dekat atau keluarga."

"Acara ini juga menormalisasi barter yang sudah menjadi gaya hidup zaman dulu."

Begitu kata Diky Wahyudi Lubis, Head of Community and Campaign National Geographic Indonesia, kepada Kompas.com, di Bentara Budaya Jakarta, Jumat (3/6/2022).

Barter.in Vol.1 relevansinya juga diubah menjadi barter pakaian yang bertujuan demi mengurangi limbah pakaian dari industri fast fashion yang semakin mengkhawatirkan bagi kelestarian lingkungan.

Metode barternya adalah pengunjung yang datang bisa membawa lima pakaian layak pakai untuk ditukarkan dengan pakaian lain.

Dalam proses barternya juga mengedepankan sisi higienitas dan kelayakan pakaian lama agar tidak menjadi sampah tekstil.

"Artinya barter ini bisa masuk menjadi satu gaya hidup yang baru. Karena mirip dengan gaya hidup thrifting yang lagi disukai anak muda," tambah Diky.

Gerakan saling barter ini bisa menjadi solusi untuk meminimalisasi tingkat konsumerisme akan pakaian supaya tidak selalu membeli sesuatu yang baru.

Baca juga: Gerakan Barter Pakaian untuk Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.