Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/06/2022, 05:00 WIB
Dinno Baskoro,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.comRatu Elizabeth II absen di acara kebaktian Thanksgiving yang digelar di Katedral Santo Paulus, London, Inggris.

Ketidakhadirannya di hari kedua rangkaian Platinum Jubilee-nya itu membuat banyak orang khawatir tentang kondisi kesehatan sang Ratu, apalagi mengingat usianya sudah 96 tahun.

Istana Buckingham pada Kamis, 2 Juni 2022 sempat mengeluarkan pernyataan bahwa Ratu Elizabeth II merasa "tidak nyaman" setelah kebaktian di hari pertama, sehingga membuatnya absen di perayaan hari kedua.

"Sang Ratu sangat menikmati parade ulang tahun dan Flypast hari ini, tapi mengalami ketidaknyamanan."

"Mempertimbangkan perjalanan dan aktivitas untuk berpartisipasi dalam Thanksgiving besok di Katedral, Yang Mulia telah mengonfirmasi bahwa dirinya tidak akan hadir," demikian tertulis dalam pernyataan Istana Buckingham.

Mengutip dari CNN, Jumat (3/6/2022), dalam beberapa tahun terakhir, Ratu Elizabeth II jarang sekali mengabarkan ketidakhadirannya dalam sebuah acara secara mendadak.

Namun karena faktor usia, hal itu membuatnya sulit untuk menghadiri sejumlah agenda yang padat. Terlebih jika memiliki jadwal atau pertemuan secara resmi.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Perayaan Platinum Jubilee Ratu Elizabeth di Inggris

Ratu Elizabeth II lebih selektif

Seiring bertambahnya usia, Ratu Elizabeth diketahui lebih selektif dalam menghadiri acara.

Paling tidak, dia hanya fokus pada tugas konstitusional sebagai kepala Gereja Inggris dan Kepala Negara.

Seperti sejumlah kegiatan pembukaan parlemen dan audiensi dengan Perdana Menteri Inggris dan duta besar untuk Inggris. Sebisa mungkin, dia akan hadir pada acara itu.

Tapi pada perayaan Thanksgiving hari kedua, pihak Kerajaan Inggris tidak secara rinci menjabarkan alasan Ratu melewatkan agenda yang memperingati 70 tahun dia bertakhta.

Kabar tersebut juga terbilang sangat mendadak. Pasalnya, tahun lalu pihak Kerajaan Inggris membuat pernyataan rinci ketika Ratu Elizabeth II membatalkan perjalanan ke Irlandia Utara karena dirawat di rumah sakit.

Akibat tidak ada informasi resmi dari pihak kerajaan, tak heran jika banyak orang khawatir akan kondisi kesehatan Ratu Elizabeth II.

Meski tidak hadir di perayaan Thanksgiving, pihak kerajaan memberi tahu kalau Ratu tetap menyaksikan acara tersebut dari layar televisi di Kastil Windsor.

"Sang Ratu akan kecewa karena melewatkan hari ini, tapi iman-nya sangat penting baginya," ungkap seorang sejarawan dari Kerajaan Inggris.

Baca juga: Nintendo Wii Berlapis Emas 24 Karat untuk Ratu Elizabeth II Dilelang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com