Kompas.com - 05/06/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Tak sedikit orang yang mempertanyakan kenapa korban pelecehan seksual cenderung diam dan tidak melawan?

Pertanyaan seperti itu bisa dikatakan menjadi respons pertama yang paling sering kita dengar ketika ada seseorang yang cerita telah menjadi korban pelecehan.

Seperti yang terjadi pada sebuah video pria masturbasi di kereta rel listrik (KRL) yang viral di Twitter baru-baru ini.

Wanita yang diketahui menjadi korban pelecehan seksual itu masih bisa merekam aksi masturbasi seorang pria yang duduk di depannya dengan kamera ponsel.

Mungkin ada alasan tertentu saat dia memutuskan untuk merekam kejadian tersebut. Misalnya, agar viral dan menjadi sorotan publik.

Tapi dalam situasi ini, kemungkinan tidak semua orang bisa melakukan hal serupa. Tak jarang, yang terjadi hanya diam dan tidak melawan.

Baca juga: 5 Jenis Pelecehan Seksual yang Paling Sering Terjadi di Ruang Publik

Memang, secara psikologis, menerima perlakuan seperti pelecehan seksual tidak semudah yang dibayangkan.

Ikhsan Bella Persada, M. Psi., psikolog klinis dari situs konseling online yang berbasis di Jakarta mengatakan, kondisi tersebut bisa terjadi karena secara naluri, manusia memiliki respons fight dan freeze ketika seseorang berhadapan dalam situasi tertentu.

"Dalam kasus ini, ada yang terdiam dan tidak bisa berbuat apa-apa, ini merupakan respons dari freeze," kata dia saat dihubungi Kompas.com, Jumat (3/6/2022).

Respons freeze biasanya dialami ketika seseorang berhadapan pada situasi yang tidak biasa dan menimbulkan perasaan takut dan panik secara cepat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.