Kompas.com - 06/06/2022, 09:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

ADA anjuran yang barangkali sudah sering kita dengar-- bahkan mungkin kita menganjurkan kepada anak-anak. Isinya, carilah sahabat sebanyak-banyaknya, jangan sekali-kali mencari musuh.

Anjuran bijaksana ini mendorong kita untuk memperluas pergaulan, menjalin pertemanan dengan sebanyak-banyaknya orang.

Kualitas persahabatan

Anjuran yang bagus ini tetap harus diterapkan secara berhati-hati, jangan sekadar banyak jumlah, melainkan terutama kualitasnya.

Persahabatan dengan banyak orang tentu baik, tapi kualitasnya seyogianya tetap diperhatikan.

Apa yang dimaksud dengan kualitas dalam persahabatan? Dalam persahabatan, ada banyak orang atau kelompok orang yang kita temui.

Kalau kita bergaul dengan orang lain, baik secara individu maupun kelompok, maka cepat atau lambat kita akan dipengaruhi olehnya.

Apalagi persahabatan yang berlangsung adalah persahabatan yang intensif. Banyak waktu yang dialokasikan dalam hubungan ini. Risikonya adalah, kita akan menjadi seperti siapa yang kita ajak bergaul.

Itulah sebabnya, tepat sekali apa yang dinyatakan oleh Jim Rohn, bahwa “dirimu adalah rata-rata dari lima orang yang paling banyak menghabiskan waktu bersamamu.”

Dengan kata lain, kita menjadi orang seperti siapa, tergantung pada pergaulan kita.

Tetap berhati-hati

Jadi, bagaimana? Ya, kita mesti tetap berhati-hati dalam memilih sahabat dalam pergaulan. Sebab, persahabatan akan membawa kita menjadi pribadi yang diwarnai oleh kepribadian atau karakter sahabat-sahabat kita itu, terutama sahabat terdekat kita.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.