Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Tiket Candi Borobudur Rp 750.000, Ini Makna Setiap Area Stupa

Kompas.com - 06/06/2022, 12:25 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Harga tiket naik ke Candi Borobudur masih menjadi topik hangat di pemberitaan nasional dan media sosial.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, kenaikan harga tiket Candi Borobudur untuk turis lokal sebesar Rp 750.000.

Sementara untuk turis asing, tiket masuk Borobudur menjadi 100 dollar AS atau setara Rp 1,4 jutaan, hampir dua kali lipat dari tiket untuk turis lokal.

Salah satu tujuan dari kenaikan harga tiket Candi Borobudur ini adalah pembatasan kunjungan baru yang hanya 1.200 orang per hari.

Namun, perlu diketahui, harga tiket Candi Borobudur terbaru itu hanya untuk bagi turis yang ingin menaiki area stupa Candi Borobudur, bukan tiket masuk kawasan wisata.

Sedangkan harga tiket masuk kawasan candi masih Rp 50.000 per orang bagi turis lokal dan 25 dollar AS untuk turis asing.

Baca juga: Wacana Tiket Stupa Candi Borobudur Rp 750.000 Dinilai Hambat Kebangkitan Ekonomi Rakyat 

Kenaikan harga tiket demi melindungi aset sejarah

Pengunjung Candi Borobudur Meningkat - Pengunjung berjejal menaiki Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (12/5). Menjelang masa liburan sekolah, pengunjung candi tersebut mulai meningkat dari rata-rata 6.000 pengunjung menjadi lebih dari 16.000 pengunjung per hari.

Kompas/Ferganata Indra Riatmoko (DRA)FERGANATA INDRA RIATMOKO (DRA) Pengunjung Candi Borobudur Meningkat - Pengunjung berjejal menaiki Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (12/5). Menjelang masa liburan sekolah, pengunjung candi tersebut mulai meningkat dari rata-rata 6.000 pengunjung menjadi lebih dari 16.000 pengunjung per hari. Kompas/Ferganata Indra Riatmoko (DRA)

Seperti diberitakan Kompas.com, (5/6/2022), Direktur Utama Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero) Edy Setijono menjelaskan, keputusan harga tiket menaiki area stupa candi seharga Rp 750.000 itu dikarenakan adanya sistem kuota per hari bagi yang diperbolehkan naik ke atas candi.

Pembatasan kuota per harinya bertujuan untuk melindungi bangunan Candi Borobudur atau kawasan konservasi demi menjaga kelestarian aset sejarah dan budaya nusantara.

Candi Borobudur mulai mengalami perubahan struktur bangunan akibat beban berlebih kunjungan wisatawan. Ini diakibatkan tidak adanya pembatasan kunjungan karena rata-rata 10.000 orang berkunjung per harinya.

Kemudian semenjak pandemi, pengelola menutup akses naik ke Candi Borobudur dan kunjungan wisatawan hanya sebatas pelataran atau halaman candi.

Pembatasan kuota pengunjung yang sudah disepakati pemerintah dan pengelola itu dimaksudkan agar turis yang ingin menaiki candi harus orang yang bersungguh-sungguh dan berkepentingan.

Baca juga: Tiket Naik Candi Borobudur Rp 750.000, Siapa Mau Datang?

Makna dan tingkatan Candi Borobudur

Ilustrasi relief Candi Borobudur.Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ilustrasi relief Candi Borobudur.

Mengutip pemberitaan lainnya di Kompas.com, (8/4/2021), Candi Borobudur adalah candi Buddha terbesar di dunia yang lokasinya ada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Bangunan candi yang memiliki ketinggian 42 meter ini didirikan oleh Raja dari Wangsa Syailendra pada abad 770 Masehi dan selesai 842 Masehi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com