Kompas.com - 07/06/2022, 12:06 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Alpukat adalah buah yang dikenal mudah berubah. Dalam beberapa hari setelah dibeli, alpukat akan matang dan sangat baik untuk dinikmati.

Tapi buah ini juga bisa menjadi terlalu matang dengan cepat sehingga busuk dan harus  dibuang.

Selain membuat kita jadi mengeluarkan uang lebih banyak, hal ini juga berkontribusi pada pemborosan makanan.

Meskipun tidak ada cara ajaib yang dapat memberi petunjuk kapan alpukat matang sempurna, namun ada beberapa trik yang dapat kita gunakan untuk menyiasatinya.

Langkah-langkah yang dapat kita ambil ini juga dapat memastikan alpukat kita tetap segar, serta bisa bertahan cukup lama untuk diolah menjadi berbagai hidangan.

Baca juga: Buah Alpukat Bisa Disimpan di Dalam Kulkas, asalkan...

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak tips menyimpan alpukat agar tetap segar dan bertahan lebih lama, seperti berikut ini.

Menyimpan alpukat utuh

Jika kita membeli alpukat mentah dan ingin menikmatinya saat matang sempurna, maka cara terbaik untuk menyimpan buah ini adalah dengan membiarkannya utuh dan letakkan di atas meja, jauh dari buah dan sayuran lainnya.

Alpukat mentah biasanya akan bertahan di atas meja selama empat hingga lima hari. Namun, karena proses pematangan dipengaruhi beberapa hal, penting untuk memeriksa kematangannya setiap hari.

Alpukat matang biasanya akan terasa keras saat kita memegangnya dari ujung jari dan memiliki kulit berwarna hijau tua hingga hitam dengan tekstur bergelombang.

Apabila alpukat kita sudah matang, maka kita dapat meletakkannya di kulkas untuk tetap menjaga kesegarannya selama beberapa hari, tergantung pada tingkat kematangannya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.