Kompas.com - 07/06/2022, 22:00 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sepeda yang digowes Jokowi di Kebun Raya Bogor baru-baru ini merupakan sepeda bambu buatan Spedagi, merek sepeda asal Temanggung, Jawa Tengah.

Sepeda bambu itu menjadi sorotan karena di momen tersebut, Jokowi mengajak Perdana Menteri (PM) Australia, Anthony Albanese untuk gowes bersama di kawasan Kebun Raya Bogor.

Bahkan Jokowi sempat menawarkan sepeda bambu tersebut untuk dibawa pulang PM Albanese ke negara asalnya setelah kunjungan berakhir.

Baca juga: Dipakai Jokowi, Begini Cerita Sepeda Bambu Bisa Mampir ke Istana

Lantas, seperti apa spesifikasi sepeda bambu yang dipakai Jokowi saat itu? Jika dilihat dari desainnya, sepeda bambu yang digowes Jokowi adalah jenis sepeda road bike.

Sepeda ini didominasi warna hitam dengan coating clear sehingga menunjukkan warna bambu yang alami (bernuansa coklat bambu yang khas).

Bagian inilah yang membuat tampilan sepedanya langsung terlihat kalau sepeda itu adalah sepeda bambu.

"Tipe yang dipakai Jokowi adalah Dalanrata (jalan rata) atau road bike ukuran M," ungkap Singgih Susilo Kartono, selaku desainer dan founder Spedagi kepada Lifestyle Kompas.com, Selasa (7/6/2022).

Sepeda bambu Dalanrata atau sepeda road bike dapat menjadi pilihan tepat bagi pesepeda yang menyukai gowes santai di track panjang atau jalan raya yang mulus.

Sepeda bambu ini memiliki frame tipe Pringrolas (pring berarti bambu dan rolas berarti dua belas) yang sengaja didesain ramping dan ringan.

Penampang pada batang bambu oval dengan posisi yang mendatar membuat frame ini tampak lebih ramping sekaligus mampu mereduksi fleks bambu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.