Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Libur Panjang

Kompas.com - 09/06/2022, 15:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Fauzi Ramadhan dan Fandhi Gautama

KOMPAS.com - Liburan panjang adalah momen yang selalu dinanti-nanti oleh banyak orang terutama para kaum pekerja. Segala beban dan stres dari hiruk-pikuknya pekerjaan dapat dilepas dengan tenang dan menyenangkan tanpa harus khawatir besok harus pergi bekerja.

Namun, ketika sudah harus kembali ke rutinitas pekerjaan, sering kali pengalaman-pengalaman menyenangkan dari liburan ini melekat dalam diri sehingga sulit untuk dilepaskan. Tak jarang perasaan sedih pun ikut muncul karena sudah tidak mengalami momen menyenangkan ini.

Jika tidak segera diatasi, perasaan ini dapat memengaruhi kinerja di kantor, sampai-sampai akhirnya bisa mengalami post-holiday blues.

Lantas, apa yang harus dilakukan untuk mengatasi semua ini?

Vivid F. Argarini, seorang konselor pendidikan dan motivator pemuda, akan membantu kita untuk menjawab pertanyaan tersebut dalam siniar (podcast) Smart Inspiration edisi Smart Career episode “Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Libur Panjang” di Spotify.

Post-Holiday Blues

National Alliance on Mental Illness (NAMI) menggambarkan fenomena ini sebagai perasaan cemas dan stres yang muncul setelah liburan akibat harapan berlibur yang tidak tercapai.

Perasaan sedih ini juga muncul karena ketidaksiapan seseorang untuk kembali menjalani rutinitas bekerja pascaliburan.

Fenomena ini lantas diteliti lebih lanjut oleh NAMI. Hasilnya, pada 2015, sekitar 64 persen orang melaporkan mereka mengalami post-holiday blues.

Baca juga: Kuliah Sambil Kerja, Apakah Bisa Seimbang?

Namun, sesungguhnya kita tak perlu khawatir. Dilansir dari PsychCentral, Gina Moffa, seorang psikoterapis di New York City, mengatakan bahwa post-holiday blues hanya bersifat sementara bagaikan angin puyuh emosional dari liburan yang telah berakhir.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.