Kompas.com - 10/06/2022, 15:12 WIB
|
Editor Wisnubrata

 

KOMPAS.com - Penuaan sebenarnya bergantung pada baik buruknya gaya hidup. Pengaruh genetik pun hanya sekitar 7 persen saja.

Untuk itu, dokter bersertifikat Emergency Medicine and Lifestyle Medicine Ritu Saluja-Sharma, M.DS memberi tips untuk menerapkan gaya hidup sehat dan memaparkan beberapa kebiasaan yang membuat seseorang menua lebih cepat.

Berikut daftarnya, seperti dilansir dari Eat This Not That.

Kebanyakan junkfood

Menurut Sharma, sebuah survei menyatakan bahwa 75% orang Amerika berpikir bahwa mereka mengonsumsi makanan sehat, namun kenyataannya, mereka tidak makan cukup buah, sayuran, serat, atau nutrisi.

Padahal, makanan yang kita makan sangat terkait dengan seberapa cepat kita menua, risiko terkena penyakit kronis, dan mengganggu kesehatan fisik dan mental.

Misalnya, makan makanan tinggi gula, makanan cepat saji, lemak jenuh, karbohidrat olahan, dan makanan olahan lainnya dapat meningkatkan peradangan yang membuat penuaan terjadi lebih cepat.

Untuk itu, cobalah lebih sering memakan makanan anti-inflamasi dan kaya nutrisi, seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, lentil,dan biji-bijian agar risiko terkena penyakit kronis menurun dan menua lebih lambat.

Baca juga: 10 Kebiasaan Buruk yang Picu Penuaan Dini

Kurang tidur

Tidur sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental.

Jadi, menguranginya tidak hanya akan meningkatkan risiko penyakit dan berdampak negatif pada kualitas hidup, tetapi juga akan membuat kita menua sebelum waktunya.

Bahkan faktanya, tikus yang kurang tidur saja bisa mati sebelum waktunya hanya dalam beberapa minggu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.