Kompas.com - 12/06/2022, 12:32 WIB

KOMPAS.com – Data Kementrian Kesehatan menunjukkan, empat penyakit teratas penyebab kesakitan dan kematian adalah penyakit tidak menular atau penyakit kronis, yakni stroke, penyakit jantung koroner, kanker, dan diabetes melitus.

Faktor terbesar yang jadi penyebab penyakit kronis adalah gaya hidup tidak sehat, seperti pola makan sembarangan, obesitas, merokok, dan juga kurang bergerak aktif atau malas berolahraga.

Pakar dari Departemen Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor, Dr. Rimbawan mengatakan, mengatur pola hidup seperti berolahraga dan makanan yang sehat, akan memberikan manfaat yang baik untuk tubuh.

"Orang yang tidak aktif hampir dua kali lebih mungkin terkena penyakit jantung daripada mereka yang lebih aktif. Fakta tersebut menunjukkan betapa pentingnya olahraga untuk mencegah penyakit kardiovaskular," kata dia dalam kegiatan Nutriton Talk yang digelar secara virtual, (9/6/2022).

Baca juga: Pemerintah Temukan Penyakit Tidak Menular di Indonesia Meningkat

Aktivitas fisik dikategorikan cukup apabila seseorang melakukan kegiatan fisik selama 30 menit setiap hari atau minimal 3-5 hari dalam seminggu.

“Orang yang melakukan aktivitas fisik aktif selama 7 jam dalam 1 minggu mempunyai risiko 40 persen lebih rendah mengalami kematian dini dibandingkan mereka yang melakukan aktivitas fisik kurang dari 30 menit seminggu,” kata Rimbawan yang juga menjadi Dewan Penasihat Nutrisi Herbalife Nutrition ini.

Banyak sekali penurunan risiko penyakit jika seseorang melakukan sedikitnya 2,5 jam senam aerobik yang sedang secara intensif (moderate-intensity aerobic physical activity) setiap minggu.

“Selain mengatur pola makan dengan nutrisi yang seimbang, lakukanlah hobi yang bermanfaat bagi jantung dan kesehatan. Bisa dengan berjalan, berlari, bersepeda, menari, berenang, dan apa pun yang membuat detak jantung Anda meningkat,” katanya.

Baca juga: Demi Sehat, Pahami Pentingnya Bergerak dan Asupan Protein

Senior Director & Country General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi mengatakan Herbalife Nutrition mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan kesehatan masyarakat untuk mengurangi angka penyakit tidak menular seperti jantung, hipertensi dan diabetes dengan berkontribusi pada kampanye gaya hidup sehat di Indonesia.

“Kami meyakini bahwa hidup sehat itu dibangun dari keseimbangan nutrisi dan olahraga teratur. Kami juga melakukan berbagai kampanye edukasi gaya hidup sehat yang selaras dengan misi perusahaan,” katanya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.