Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/06/2022, 07:55 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Mengatur keuangan bisa dikatakan susah-susah gampang. Namun, sepertinya akan menjadi mudah bagi orang yang suka mengatur keuangan dalam bentuk cash atau tunai.

Lantas, bagaimana dengan para generasi cashless? Belakangan ini, kemajuan industri pembayaran turut mengubah pola hidup baru di kalangan masyarakat, tak terkecuali dalam mengatur keuangan.

Mereka yang jarang sekali memegang uang tunai sering disebut generasi cashless. Anak muda seperti milenial dan Gen Z yang tinggal di perkotaan salah satu contohnya.

Menurut Andhika Diskartes, pakar finansial yang kerap berbagi tips mengelola keuangan di media sosial, hadirnya kemudahan bertransaksi untuk berbagai kebutuhan, masyarakat juga perlu memperhatikan serangkaian cara agar bisa menjadi generasi cashless yang cerdas.

Baca juga: Bangun Ekosistem, Digiasia Bios Dukung Pemulihan Ekonomi RI dan Cashless Society

Pasalnya, saat ini, berbagai pihak, termasuk para penyedia layanan pembayaran digital, semakin banyak menghadirkan rangkaian kemudahan bagi para pengguna.

Contohnya adalah sistem pembayaran QRIS yang memungkinkan transasi nirkontak secara aman dan praktis.

Selain itu, banyak sekali kampanye rutin dan promo yang diberikan oleh penyedia layanan pembayaran digital agar masyarakat menjadi lebih hemat dalam memenuhi kebutuhan bertransaksi mereka.

Berbagai kemudahan yang bisa dinikmati masyarakat ini harus disertai dengan kesadaran terhadap perencanaan keuangan agar masyarakat bisa bertransaksi secara cerdas dan leluasa sehingga tidak terjadi pemborosan.

Menyikapi kemudahan itu, bagi para generasi cashless perlu melek terhadap perkembangan teknologi agar keuangannya tidak amburadul alias berantakan.

Berikut tiga cara mudah mengelola keuangan bagi para generasi cashless agar mengelola keuangan terasa lebih mudah, seperti yang dibagikan ShopeePay dan Andhika Diskartes dari keterangan pers yang diterima Kompas.com, Minggu (12/6/2022).

Baca juga: Wisata ke Museum Lawang Sewu, Kini Pengunjung Bisa Bayar Cashless

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.