Kompas.com - 13/06/2022, 11:12 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Smoothie buah bisa jadi solusi lezat bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Namun perlu diingat, buah tetap memiliki kandungan gula di dalamnya, sehingga kita perlu membatasi jumlahnya. Sebab jika tidak, kadar gula darah tetap bisa meningkat dan membuat kita gemuk.

Bahkan banyak ahli diet bersertifikat, seperti Julie Upton, MS, RD, Tammy Lakatos Shames, RDN, CDN, dan Lyssie Lakatos, RDN, CDN, yang mengingatkan bahwa memasukkan terlalu banyak buah ke dalam smoothie dapat mengubah minuman sehat itu menjadi minuman “calorie bomb.”

"Meminum kalori tidak sama mengenyangkan dengan mendapat kalori dari makanan asli, sehingga Anda akan makan lebih banyak kalori pada akhirnya,” kata mereka.

Namun, selama kita berhati-hati dalam memilih buah dan membatasi porsinya, smoothie berbasis buah bisa tetap menjadi minuman sehat untuk menurunkan berat badan.

Untuk itu, hindari buah berkalori tinggi seperti pisang dan alpukat, lalu memilih buah yang rendah kalori dan gula dengan kandungan air tinggi guna memberikan rasa manis namun tetap menyehatkan.

Baca juga: 10 Bahan Alami Penurun Berat Badan untuk Dicampur dalam Smoothie

Nah berikut ini, ada daftar buah-buahan rendah kalori dan gula yang cocok untuk dijadikan smoothie.

Apel

Apel adalah salah satu buah rendah kalori yang baik untuk dikonsumsi ketika diet. Menurut MedicineNet, satu buah apel ukuran besar mengandung sekitar 116 kalori dan mengandung sekitar 5,4 gram serat.UNSPLASH/AARON BLANCO TEJEDOR Apel adalah salah satu buah rendah kalori yang baik untuk dikonsumsi ketika diet. Menurut MedicineNet, satu buah apel ukuran besar mengandung sekitar 116 kalori dan mengandung sekitar 5,4 gram serat.
Selain mudah dibawa karena tidak mudah hancur, kulit buah satu ini kaya akan serat, membuatnya menjadi salah satu makanan dengan indeks glikemik (IG) rendah.

IG menunjukkan seberapa besar kandungan suatu makanan dalam meningkatkan gula darah setelah kita mengonsumsinya.

Nah, IG apel hanya 36, yang berarti cukup rendah. Apalagi, apel merah mengandung sekitar 62 kalori dan 12 gram gula alami yang cukup sehat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.