Kompas.com - 13/06/2022, 19:57 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Segala macam tips tampaknya bisa kita temukan di media sosial berbasis video singkat TikTok.

Seperti yang lagi viral belakangan ini, ada minuman pencahar dari biji chia atau chia seed yang dicampur air putih dan air lemon.

Kabarnya, minuman tersebut ampuh untuk mendetoks perut dari segala macam racun di dalam tubuh. Kemudian racun tersebut terbuang melalui kotoran keesokan harinya.

Selain itu, minuman tersebut juga dikatakan dapat mengatasi masalah sulit buang air besar (BAB). Sejumlah orang mulai tertarik dan mencoba minuman dari chia seed yang diberi judul "internal shower".

@drlindseyschmidt Internal shower? Is it worth it to help with constipation!? #internalshower #constipation #ibs #travelhack #bloating ? Music For a Sushi Restaurant - Harry Styles

Baca juga: Manfaat Chia Seed untuk Diet, Apakah Efektif?

Bahkan dalam sebuah video yang dibuat oleh Lindsey Seyschmidt, seorang dokter yang berbasis di Washington DC, AS sudah dilihat lebih dari 1 juta pengguna TikTok.

Cara membuat minuman ini pun cukup mudah. Kita hanya perlu menyiapkan segelas air, dua sendok makan chia seed dan perasan air lemon secukupnya sebagai penambah rasa.

Minuman pencahar dari chia seed(TikTok/ gutgalz/alirosegray/ibs_dietitian) Minuman pencahar dari chia seed

Diamkan minuman itu selama lima menit sampai chia seednya mengembang dan sedikit kental, lalu minuman chia seed siap dikonsumsi.

Melihat komposisinya terdiri dari campuran superfood (chia seed), apakah minuman ini sehat untuk tubuh?

Melansir Metro.co.uk, Senin (13/6/2022), Lola Biggs, ahli gizi di Together Health mengatakan bahwa minuman pencahar itu mengandung banyak serat yang baik bagi kesehatan usus.

"Untuk pencernaan yang optimal, penting untuk memastikan usus tercukupi dengan serat. Idealnya sekitar 30 gram setiap hari."

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.