Kompas.com - 14/06/2022, 20:00 WIB

KOMPAS.com - Penderita diabetes menjadi salah satu kelompok rentan yang kemungkinan bisa mengalami gejala sedang hingga parah jika tertular Covid-19.

Terlebih di tengah masa transisi pandemi menuju endemi seperti sekarang ini, mulai banyak masyarakat yang abai dan tidak mematuhi protokol kesehatan.

Namun bagi penderita diabetes, kebiasaan itu jangan ditiru. Para diabetesi perlu menerapkan protokol kesehatan ketat dan menjaga gaya hidupnya demi mencegah tidak tertular Covid-19.

Baca juga: Ketahui, 4 Menu Camilan Sehat untuk Pasien Diabetes

I Gusti Ngurah Adhiarta, Sp.PD-KEMD, FINASIM, Spesialis Penyakit Dalam - Konsultan Endokrinologi Metabolik Diabetes Eka Hospital Bekasi menjelaskan tentang hal ini.

Dia menguraikan alasan di balik diabetesi yang perlu memperketat protokol kesehatan selama pandemi belum berakhir.

Menurut dia, Covid-19 itu merupakan penyakit yang menyebabkan inflamasi metabolik.

Pada pasien diabetes yang sistem metaboliknya mengalami gangguan, sebisa mungkin harus menghindari penyebab inflamasi itu agar tidak memperparah kondisi kesehatannya.

"Kalau kena Covid akan lebih berat sistem komplikasinya. Karena tubuhnya sudah berbeda, sudah tidak memiliki pertahanan tubuh yang mumpuni,"

Demikian kata pria yang akrab disapa dokter Adhiarta itu dalam launching Diabetes Connection Care di Eka Hospital Bekasi, Selasa (14/6/2022).

Untuk itu, dokter Adhiarta menyarankan beberapa tips berikut ini yang dapat diterapkan agar penderita diabetes bisa melalui masa transisi Covid dengan tubuh yang sehat.

Baca juga: Jangan Kendur Pakai Masker untuk Cegah Covid di Masa Transisi Endemi

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.