Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Jaga Kesehatan Pasien Diabetes di Masa Transisi Endemi

Kompas.com - 14/06/2022, 20:00 WIB
Dinno Baskoro,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penderita diabetes menjadi salah satu kelompok rentan yang kemungkinan bisa mengalami gejala sedang hingga parah jika tertular Covid-19.

Terlebih di tengah masa transisi pandemi menuju endemi seperti sekarang ini, mulai banyak masyarakat yang abai dan tidak mematuhi protokol kesehatan.

Namun bagi penderita diabetes, kebiasaan itu jangan ditiru. Para diabetesi perlu menerapkan protokol kesehatan ketat dan menjaga gaya hidupnya demi mencegah tidak tertular Covid-19.

Baca juga: Ketahui, 4 Menu Camilan Sehat untuk Pasien Diabetes

I Gusti Ngurah Adhiarta, Sp.PD-KEMD, FINASIM, Spesialis Penyakit Dalam - Konsultan Endokrinologi Metabolik Diabetes Eka Hospital Bekasi menjelaskan tentang hal ini.

Dia menguraikan alasan di balik diabetesi yang perlu memperketat protokol kesehatan selama pandemi belum berakhir.

Menurut dia, Covid-19 itu merupakan penyakit yang menyebabkan inflamasi metabolik.

Pada pasien diabetes yang sistem metaboliknya mengalami gangguan, sebisa mungkin harus menghindari penyebab inflamasi itu agar tidak memperparah kondisi kesehatannya.

"Kalau kena Covid akan lebih berat sistem komplikasinya. Karena tubuhnya sudah berbeda, sudah tidak memiliki pertahanan tubuh yang mumpuni,"

Demikian kata pria yang akrab disapa dokter Adhiarta itu dalam launching Diabetes Connection Care di Eka Hospital Bekasi, Selasa (14/6/2022).

Untuk itu, dokter Adhiarta menyarankan beberapa tips berikut ini yang dapat diterapkan agar penderita diabetes bisa melalui masa transisi Covid dengan tubuh yang sehat.

Baca juga: Jangan Kendur Pakai Masker untuk Cegah Covid di Masa Transisi Endemi

1. Kontrol gula darah

Memeriksa kadar gula darah secara rutin dan berkala dapat menjadi aktivitas yang bisa mendukung kondisi kesehatan pasien diabetes.

Dengan mengontrol gula darah, pasien diabetes dapat mengetahui tinggi rendahnya kadar gula darah untuk mencegah berbagai kemungkinan komplikasi.

"Mengontrol gula darah tergantung target yang ditentukan oleh dokternya. Ketika disarankan oleh dokter kontrol tiga bulan sekali, maka lakukan kontrol ke dokter," ungkap dokter Adhiarta.

2. Rutin berolahraga

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang dianjurkan bagi pasien diabetes. Lebih lanjut, kata dokter Adhiarta, olahraga tak cuma bermanfaat dalam membakar lemak dan juga gula.

Tapi sekaligus bisa menurunkan berat badan. Secara tidak langsung, manfaat itu bisa mengurangi risiko obesitas dan komplikasi penyakit lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com