Kompas.com - 15/06/2022, 06:52 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Lemak visceral merupakan salah satu lemak unik berbahaya yang terletak jauh di dalam perut, tepatnya di sekitar organ seperti hati dan usus dan dapat menyebabkan sejumlah kondisi kesehatan, seperti penyakit jantung dan stroke.

Menurut profesor kedokteran di divisi kardiologi Johns Hopkins Medicine di Baltimore Dr. Kerry J. Stewart, EdD, lemak visceral ini merupakan sumber zat inflamasi, seperti protein C-reaktif dan interleukin-6 atau sitokin.

"Zat-zat itu mengapung di sekitar aliran darah dan mulai menyerang pembuluh darah, terutama pembuluh darah di jantung, yang bisa membuat seseorang lebih rentan terhadap pembekuan,” ujarnya.

Nah, untuk mencegah berbagai hal buruk yang ditimbulkan, tentu kita perlu menghilangkan lemak visceral ini.

Baca juga: Hindari Penyakit Berbahaya, Ini Trik Cegah Tumpukan Lemak Visceral

Bagaimana caranya? Berikut lima tips yang bisa membantu menghilangkan lemak visceral.

Jangan makan saat tidak lapar

Mengonsumi kalori berlebih yang tidak akan mampu kita bakar dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Hal ini tentu akan terjadi jika seseorang makan jauh lebih banyak dari yang dia butuhkan.

"Ada banyak alasan mengapa seseorang makan selain kelaparan. Mungkin itu karena sedih, depresi, cemas, bosan, atau lelah. Jadi, untuk mengubah perilaku itu dan menangani emosinya dengan cara lain, berarti dia harus mencari kehidupan di luar dapur,” ujar ahli diet Joan Salge Blake, MS, RD, LDN.

Perlu diketahui, saat kita mencoba untuk menghibur diri sendiri atau menghilangkan stres dengan makanan, hal itu hanya akan menambah masalah hidup.

Pertama, masalah yang kita alami tidak terselesaikan, dan ada kalori ekstra yang masuk ke tubuh kita saat berusaha menghilangkan stres dengan makanan.

Untuk itu, seseorang perlu menemukan cara lain untuk melepaskan emosi itu, dengan aktivitas fisik-misalnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.