Kompas.com - 15/06/2022, 08:54 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bagi para pria yang berkeinginan menjadi seorang ayah, atau pernah memiliki pengalaman dari hubungan di masa lalu, ada kabar baik.

Pria yang ingin menjadi ayah lebih dilirik oleh wanita sebagai pasangan jangka panjang.

Fakta ini terlihat dari studi terbaru yang dipublikasikan dalam Evolutionary Psychological Science.

Studi itu menjelaskan, ketertarikan wanita pada pria yang berniat menjadi ayah adalah akibat dari keterbatasan metabolisme wanita untuk memproduksi ovum atau sel telur.

Sebaliknya, sistem reproduksi pria tidak memiliki batas waktu. Tingkat keberhasilan reproduksi pria dibatasi oleh kemampuan mereka menarik perhatian pasangan dan membuahi sel telur.

Dalam hal berinvestasi saat menjadi orangtua, pria dan wanita juga berbeda.

Investasi pada wanita yang menjadi orangtua lebih besar ketimbang pria, karena wanita melewati proses kehamilan dan menyusui.

Ketika memilih pasangan, pria lebih memerhatikan kualitas yang bisa diamati dari pasangannya, seperti wajah yang cantik.

Sedangkan, wanita lebih tertarik pada status sosial ekonomi pria, kemampuan mereka menjadi orangtua, dan potensi perolehan sumber daya.

Ketertarikan wanita pada poin-poin yang baru saja disebutkan itu mewakili kemampuan seorang pria untuk melindungi serta menafkahi pasangan dan anak-anaknya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.