Untar untuk Indonesia
Akademisi

Platform akademisi Universitas Tarumanagara guna menyebarluaskan atau diseminasi hasil riset terkini kepada khalayak luas untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Art Activity, Cara Remaja Meningkatkan Percaya Diri

Kompas.com - 15/06/2022, 09:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Shafa Nur Rahmadani, Timothy Leonardo, dan Untung Subroto*

MASA remaja menurut Santrock (2003), merupakan masa perubahan dari anak-anak ke dewasa yang ditandai dengan adanya perubahan fisik, psikis, dan psikososial.

Ketika memasuki masa remaja, seorang anak harus menjalankan tugas perkembangan yang beragam.

Mereka dapat memahami keadaan fisiknya, bertanggung jawab pada kehidupan dan perannya dalam keluarga dan sekolah, memahami sikap dan bertanggung jawab secara sosial dan mempersiapkan diri saat memasuki masa dewasa nanti.

Hal yang paling menonjol pada masa remaja adalah, seorang anak mulai bergaul secara luas, dan mengikuti apa yang dilakukan oleh teman sebayanya.

Kondisi ini sering membuat para remaja berusaha keras agar mereka terlihat keren dan diterima oleh teman-temannya.

Pada masa remaja kerap juga ditemukan remaja yang melakukan perilaku negatif seperti merokok, penggunaan obat-obatan terlarang, minum minuman beralkohol, kecanduan games dan pornografi, tawuran dan lain-lain.

Untuk mengatasi hal-hal negatif tersebut, penulis berpendapat, seorang remaja perlu memiliki kontrol diri dan mengenal diri dengan baik.

Talitha (2021) mengatakan, mengenal diri merupakan usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk memahami kelebihan dan kekurangan yang ada pada dirinya sehingga dapat mengendalikan apa yang dilakukan baik itu kepada orang lain maupun diri sendiri.

Masalah lain yang terjadi di saat anak memasuki usia remaja adalah hal yang berhubungan dengan psikologis, salah satunya adalah masalah kepercayaan diri.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.