Kompas.com - 16/06/2022, 09:09 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Ciri-ciri penyakit diabetes melitus sebenarnya bisa diketahui melalui kondisi kaki.

Namun sayang, masih banyak orang yang tidak menyadari atau bahkan belum mengetahui tanda diabetes melalui kaki. Sehingga dampaknya bisa terjadi keterlambatan deteksi dini hingga penanganannya.

Padahal, menurut I Gusti Ngurah Adhiarta, Sp.PD-KEMD, FINASIM, Spesialis Penyakit Dalam - Konsultan Endokrinologi Metabolik Diabetes Eka Hospital Bekasi, deteksi dini pada pasien diabetes itu penting untuk mencegah berbagai komplikasi penyakit yang ditimbulkan.

Baca juga: Waspadai, Berat Badan Turun Drastis Bisa Jadi Tanda Diabetes

"Ada perbedaan yang bisa terlihat dari kaki diabetesi dan kaki normal."

"Pada orang dengan gula darah tinggi maka akan sering mengalami kelainan pada gangguan sensorik, khususnya di kaki," katanya.

Lebih lanjut, kata dokter Adhiarta, kelainan gangguan sensorik pada kaki menyebabkan sensasi kaki yang sering merasa baal atau kebas hingga mudah kesemutan.

Hal itu bisa terjadi ketika kadar gula darah yang terlalu tinggi dan kondisi itu bisa memicu kerusakan organ-organ tubuh termasuk pada sistem saraf pada kaki.

Kerusakan organ dan saraf itu dapat terlihat semakin jelas seiring dengan berjalannya waktu, alias seberapa lama orang memiliki gula darah melebihi ambang batas normal.

Kebanyakan pada orang diabetes, tanda yang paling mudah dikenali adalah ketika kaki seseorang terlihat kering dan kulit tampak tidak kenyal atau lembap.

"Orang dengan diabetes, apalagi diabetesnya sudah lama, kakinya tidak ada keringat."

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.