Kompas.com - 17/06/2022, 10:09 WIB

KOMPAS.com – Memiliki anak yang tumbuh dan berkembang dengan normal dan cerdas merupakan keinginan orangtua. Salah satu faktor penting untuk mewujudkannya adalah dengan memberinya nutrisi yang cukup dan seimbang.

Adapun nutrisi penting yang wajib diberikan anak adalah zat besi. Pasalnya, zat besi termasuk mikronutrien yang penting untuk tumbuh kembang sehat dan normal. Mikronutriensendiri merupakan zat gizi yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit, tapi penting bagi tubuh.

Untuk diketahui, kebutuhan zat besi pada bayi yang baru lahir sekitar 250-300 miligram (mg) per kilogram (kg )berat badan bayi.

Untungnya, kebutuhan zat besi itu sudah terpenuhi dari simpanan zat besi yang berasal dari ibu selama trimester akhir kehamilan serta air susu ibu (ASI). Jadi, sobat Generasi Bersih dan Sehat (GenBest) tidak perlu khawatir si kecil kekurangan zat besi di usia ini.

Hanya saja, seiring dengan perkembangan dan pertumbuhan anak, pada usia 6 bulan ke atas kebutuhan zat gizi bayi pun bertambah. Hal ini karena berat badan bayi semakin meningkat.

Baca juga: Masalah Kesehatan Ini Masih Mengintai Anak dan Remaja Indonesia

Berdasarkan table Angka Kecukupan Gizi (AKG) 2013 yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes), kebutuhan zat besi bayi usia 7-11 bulan adalah sebesar 7 miligram (mg) per hari.

Kebutuhan tersebut tidak bisa dicukupi hanya dengan ASI, tapi perlu ditambah dari asupan makanan pendamping ASI (MPASI).

Dampak kekurangan zat besi bagi bayi

Zat besi dibutuhkan bayi karena fungsinya mengangkut elektron di dalam proses pembentukan energi di dalam sel. Zat ini juga berfungsi membawa oksigen ke jaringan tubuh agar sel-sel berkembang sempurna.

Kekurangan zat besi dapat berdampak pada perkembangan dan pertumbuhan bayi. Berikut berbagai dampak dari kekurangan zat besi.

1. Bayi mengalami gangguan pertumbuhan fisik

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.