Kompas.com - 18/06/2022, 16:33 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Seiring bertambahnya usia, menjaga agar tubuh tetap ramping akan semakin sulit, terutama jika telah memasuki usia 50 tahun.

Bahkan, sebuah ulasan oleh Agency for Healthcare Research and Quality menemukan bahwa rata-rata berat badang seseorang akan bertambah sebanyak 0.45-0,9kg per tahunnya.

Memang, jumlah itu nampak tidak besar, namun tetap bisa bertambah dengan cepat.

Nah jika usia sudah di atas 50 tahun namun ingin tetap ramping, kebiasaan pertama yang harus dipertahankan adalah selalu mengonsumsi protein tiap kali makan.

Pasalnya, kalori dalam tubuh sangat diperlukan untuk mencerna protein.

"Jadi, saat memakan makanan dengan protein, seperti sepotong dada ayam panggang, filet ikan, telur rebus, atau segenggam edamame, makanan -makanan itu dapat meningkatkan metabolisme tubuh saat bekerja untuk memecah dan menyerap protein," ujar ahli gizi Roxana Ehsani, MS, RD, CSSD, LDN.

“Hal itu mampu mempertahankan massa otot, massa tulang, dan juga membantu Anda tetap ramping, sebab semakin banyak massa otot, semakin sedikit massa lemak yang Anda miliki,” sambungnya.

Baca juga: Tempe, Sumber Protein Terbaik di Dunia

Dia menambahkan, otot juga akan lebih aktif secara metabolik daripada massa lemak. Artinya, semakin banyak massa otot yang dimiliki, semakin banyak yang bisa kita bakar saat istirahat atau saat berolahraga.

"Seiring bertambahnya usia, massa otot dan tulang perlahan berkurang. Namun, salah satu cara untuk menjaga dan memperpanjang kesehatannya adalah dengan mengonsumsi protein yang cukup setiap kali makan juga," ujarnya.

Nah untuk menambahkan lebih banyak protein ke dalam diet, Ehsani memiliki beberapa saran. Berikut daftarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.