Kompas.com - 18/06/2022, 16:58 WIB

KOMPAS.com - Lari bukanlah olahraga sembarangan yang mengandalkan kecepatan semata. Lebih dari itu, bagi mereka yang serius, olahraga ini memerlukan sepatu yang tepat sebagai tumpuan agar kaki bergerak lebih efisien.

Sepatu yang dipakai pun juga tidak bisa asal-asalan. Kita perlu memilih bantalan atau busa maupun sole yang sesuai supaya tapak kaki tidak cepat lelah maupun cedera.

Karena pentingnya sepatu untuk berlari, terutama dalam lomba, tidak mengherankan apabila sejumlah brand sepatu berlomba-lomba membuktikan siapa yang terbaik di industri ini.

Dan, jika kita menengok ke pasaran sepatu lari maupun selera konsumen, maka brand yang mendominasi adalah Nike dan adidas.

Dua brand tersebut bahkan meluncurkan super shoe atau sepatu super yang dapat menjadi "doping mekanik" bagi orang biasa maupun atlet ketika berlari.

Rahasia di balik super shoe adalah kinerja yang baik dengan menempatkan serat karbon supaya pemakainya efektif ketika berlari karena mendapat tolakan lebih banyak saat melangkah.

Di sisi lain, super shoe merupakan alas kaki yang dapat mengefektifkan jumlah jangkauan pelari atau dalam bahasa sederhananya: sepatu membantu seseorang berlari lebih cepat.

Untuk diketahui bahwa sepatu yang mengadaptasikan pelat karbon pertama secara massal ke pasar adalah Nike.

Terobosan itu awalnya diambil brand sepatu dan perlengkapan olahraga asal Oregon, AS,untuk memecahkan rekor marathon.

Lalu menyusul keputusan World Athletics yang baru tentang midsole sepatu lari, aturan pada saat itu menyebutkan bahwa sepatu harus memiliki ukuran midsole maksimum 40 milimeter.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.