Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perlukah Kita Menyimpan Skincare di Dalam Kulkas Mini?

Kompas.com - 18/06/2022, 17:07 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat ini skincare fridge atau kulkas mini untuk menyimpan skincare sedang menjadi tren di kalangan beauty enthusiast.

Tren ini juga semakin marak dipopulerkan oleh para beauty influencer di media sosial yang pada akhirnya membuat kita berpikir untuk benar-benar memilikinya di rumah.

Tetapi, sebenarnya seberapa penting menyimpan produk skincare kita di dalam kulkas mini tersebut?

Nah, dilansir dari laman Cleveland Clinic, dokter spesialis kulit, Melissa Piliang, MD, pun membahas sedikit tentang tren di balik skincare fridge ini dan produk mana yang harus disimpan di dalamnya.

Mengenal skincare fridge

Penggemar skincare fridge mengklaim bahwa pendinginan ini adalah cara penting untuk menjaga integritas bahan dalam produk skincare, terutama bahan yang tidak stabil atau rentan rusak dalam panas seperti vitamin C.

Dengan demikian, kulkas mini ini dirancang khusus untuk menyimpan produk skincare.

Biasanya, ukuran kulkas ini sangat kecil dan tersedia dalam warna maupun desain yang menarik, seperti tas perlengkapan mandi yang sangat dingin, namun cukup besar untuk membekukan beberapa barang favorit kita.

"Kulkas mini ini memang lucu, tapi itu tidak berarti kita memerlukannya," kata Dr Piliang.

Tidak begitu diperlukan

Jika kita pernah mencoba icing wajah atau mengoleskan lidah buaya dingin pada kulit yang terbakar sinar matahari, kita tahu terkadang rasanya menyenangkan mengoleskan produk sedingin es ke kulit kita.

"Rasanya sangat menyenangkan untuk meletakkan sesuatu yang sejuk di wajah, terutama di hari yang panas," ujar Dr Piliang.

"Jika kulit kita teriritasi, masker yang menenangkan bisa terasa enak dan lidah buaya yang berasal dari lemari es bisa meredakan kulit yang terbakar sinar matahari," lanjut dia.

Namun, di luar itu, manfaat mendinginkan produk skincare sangat tipis.

Sebab, produk skincare biasanya telah melalui pengujian yang ketat untuk memastikan bahwa produk tersebut bekerja dengan baik dan dapat menahan beberapa variasi suhu.

"Umumnya, pendinginan tidak mengubah bahan produk," terangnya.

"Itu tidak membuatnya lebih atau kurang efektif. Jadi, akhirnya lebih tentang bagaimana rasanya di kulit kita," sambung dia.

Baca juga: Kandungan Skincare yang Tak Boleh Dicampur Pemakaiannya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com