Kompas.com - 21/06/2022, 07:35 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Pasien diabetes melitus berisiko mengalami komplikasi ulkus atau borok di kaki yang bisa berujung pada risiko amputasi.

Karena itu, pasien diabetes perlu memahami cara tepat merawat kaki diabetes untuk mencegah timbulnya borok.

Berikut beberapa tips menjaga dan merawat kaki diabetes, sebagaimana disampaikan I Gusti Ngurah Adhiarta, Sp.PD-KEMD, FINASIM, Spesialis Penyakit Dalam - Konsultan Endokrinologi Metabolik Diabetes Eka Hospital Bekasi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Kaki Diabetes, Bisa Dicegah agar Tak Perlu Amputasi

1. Rutin periksa kondisi kaki

Pasien diabetes yang sudah sampai tahap komplikasi pada kaki biasanya sering merasakan kebas atau baal di area kaki.

Hal itu berisiko membuat mereka kesulitan untuk mendeteksi kondisi kaki setiap hari. Pasalnya, dalam kondisi tersebut, saraf sensorik pada kaki biasanya mengalami kerusakan.

"Bahayanya kalau dia (pasien) menginjak sesuatu dia tidak akan merasakan. Bayangkan kalau tidak ada rasa nyeri, luka itu bisa memicu infeksi," katanya.

Ketika memeriksa kondisi kaki, mungkin bisa dipertimbangkan menggunakan cermin untuk memerhatikan apakah ada luka pada kaki atau kelainan yang menyertainya. Seperti kaki berubah menjadi bengkok, atau ada kemerahan bagian dalam yang patut dicurigai. 

Atau bisa perlu, meminta bantuan orang lain untuk memeriksakan kaki juga dapat menjadi cara yang efektif untuk mendeteksi risiko luka atau infeksi.

"Luangkan waktu setiap hari untuk pemeriksaan kaki," tambah dokter Adhiarta.

2. Perhatikan kebersihan kaki

Kebersihan kaki dalam merawat kaki diabetes merupakan hal yang penting.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.