Kompas.com - 21/06/2022, 13:04 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Seiring bertambahnya usia, kita semua pasti akan menua dengan cara yang berbeda-beda.

Tetapi, beberapa orang mungkin bisa mengalaminya lebih cepat dari yang seharusnya karena faktor tertentu.

Menurut Mayo Clinic, terdapat berbagai macam faktor yang dapat mempercepat penuaan seperti merokok, menghabiskan terlalu banyak waktu tanpa pelindung di bawah sinar matahari, dan bahkan nutrisi apa saja yang masuk ke dalam tubuh kita.

Selain itu, penuaan juga dapat ditentukan berdasarkan jenis minuman yang dikonsumsi sepanjang hari, sehingga kita perlu melacak minuman dengan tepat untuk mencegah penuaan dini.

Baca juga: Ternyata, 5 Minuman Mujarab Ini Bisa Bikin Umur Panjang

Untuk mengidentifikasi kebiasaan minum mana yang bisa menyebabkan penuaan dini, beberapa ahli diet pun membagikannya seperti berikut ini.

1. Minum soft drink setiap hari

Minum soft drink manis setiap hari dapat menyebabkan berbagai masalah jangka panjang dan tidak heran jika gula adalah penyebab utamanya.

"Selain penambahan berat badan, gula merangsang produksi kolesterol jahat yang meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular," kata ahli diet, Edibel Quintero, RD.

"Selain menyebabkan penuaan dini, gula dapat menyebabkan penyakit autoimun seperti lupus maupun rheumatoid arthritis," terangnya.

Jika kita menyukai soft drink dan tidak ingin benar-benar menghentikan konsumsinya, cobalah untuk menikmatinya sesekali dengan pilihan yang lebih rendah gula.

2. Terlalu banyak minum jus manis

Terlepas dari citra publik yang sehat, jus dengan tambahan gula dapat mengandung kadar gula yang tinggi, maka jika diminum secara berlebihan juga dapat berkontribusi pada penuaan dini.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.