Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berlian Terindah di Dunia, Bagaimana Mengukurnya?

Kompas.com - 23/06/2022, 13:55 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Ada banyak faktor yang biasa dipakai untuk menilai keindahan dan nilai berlian, dan yang paling populer dan banyak diakui adalah Carat (ukuran), Cut (potongan), Clarity (kejernihan) dan Color (warna) yang lebih dikenal dengan 4C.

Namun meski sebuah berlian memiliki ukuran 4C serupa, kenampakannya bisa berbeda. Ada berlian yang terlihat suram, namun ada yang memancarkan cahaya lebih kemilau dari lainnya.

Nah, elemen yang disebut light performance ini membuat performa berlian semakin bernilai, karena memantulkan lebih banyak cahaya dan warna yang membuatnya gemerlap.

Light performance adalah kemampuan berlian membiaskan dan memantulkan cahaya. Semakin tinggi light performance dari sebuah berlian, maka akan semakin indah pantulan cahaya yang dihasilkan dari berlian tersebut.

Light performance ini diukur menggunakan BrillianceScope analyzer. Alat yang menggunakan kamera berkualitas tinggi dengan light ring bergerak ini akan mengambil 5 gambar dari sebutir berlian.

Gambar itu kemudian diukur dengan presisi untuk menentukan seberapa banyak cahaya putih, cahaya berwarna, dan kilauan yang dipantulkan.

Berlian koleksi Adelle Jewellery Berlian koleksi Adelle Jewellery
BrillianceScope analyzer membedakan skala performa cahaya berlian berdasarkan tiga kategori yaitu fire, brilliance, dan sparkle.

Fire merupakan cahaya warna-warni yang terpantul ketika berlian disinari. Brilliance merupakan cahaya putih yang dipantulkan saat faset berlian terkena cahaya. Sedangkan sparkle merupakan pantulan kilauan dari potongan serta faset pada berlian saat berlian digerakkan di bawah cahaya.

“Semua orang dapat melihat keindahan berlian, tetapi kadang tidak selalu yakin dengan apa yang mereka lihat atau cukup percaya diri dengan apa yang dilihat,” ujar Justin Wagner, Director International Business, GemEx, melalui zoom dalam acara bersama Adelle Jewellery di Jakarta, Senin (20/6/2022).

Untuk memastikannya, menurut Justin, kita bisa melihat dari tiga skala yang diukur GemEx itu.

Sertifikat GemEx ini istimewa karena hanya 1 dari 100 berlian yang telah bersertifikasi GIA, dapat memenuhi standar GemEx. Artinya jumlah berlian dengan tingkat kecemerlangan tinggi tidak banyak, alias langka.

"Apabila (sertifikasi) GIA menilai berlian dari segi kualitas dan keasliannya, maka GemEx memastikan bahwa berlian memiliki performa cahaya yang baik,"papar Justin.

Bagaimana mendapatkannya?

Berlian koleksi Adelle Jewellery Berlian koleksi Adelle Jewellery
Adapun brand di Indonesia yang menyediakan berlian dengan sertifikat GemEx adalah Adelle Jewellery.

Label perhiasan yang berdiri sejak 2013 ini memperkenalkan koleksi The Eternal Flame Diamond, yang dikenal sebagai “the most beautiful diamond in the world”.

Selain memiliki sertifikat GIA (pedoman untuk menilai kualitas berlian), koleksi The Eternal Flame Diamond juga dilampiri sertifikasi light performance dari GemEx.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com