Kompas.com - 23/06/2022, 13:55 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Ada banyak faktor yang biasa dipakai untuk menilai keindahan dan nilai berlian, dan yang paling populer dan banyak diakui adalah Carat (ukuran), Cut (potongan), Clarity (kejernihan) dan Color (warna) yang lebih dikenal dengan 4C.

Namun meski sebuah berlian memiliki ukuran 4C serupa, kenampakannya bisa berbeda. Ada berlian yang terlihat suram, namun ada yang memancarkan cahaya lebih kemilau dari lainnya.

Nah, elemen yang disebut light performance ini membuat performa berlian semakin bernilai, karena memantulkan lebih banyak cahaya dan warna yang membuatnya gemerlap.

Light performance adalah kemampuan berlian membiaskan dan memantulkan cahaya. Semakin tinggi light performance dari sebuah berlian, maka akan semakin indah pantulan cahaya yang dihasilkan dari berlian tersebut.

Light performance ini diukur menggunakan BrillianceScope analyzer. Alat yang menggunakan kamera berkualitas tinggi dengan light ring bergerak ini akan mengambil 5 gambar dari sebutir berlian.

Gambar itu kemudian diukur dengan presisi untuk menentukan seberapa banyak cahaya putih, cahaya berwarna, dan kilauan yang dipantulkan.

Berlian koleksi Adelle Jewellery Berlian koleksi Adelle Jewellery
BrillianceScope analyzer membedakan skala performa cahaya berlian berdasarkan tiga kategori yaitu fire, brilliance, dan sparkle.

Fire merupakan cahaya warna-warni yang terpantul ketika berlian disinari. Brilliance merupakan cahaya putih yang dipantulkan saat faset berlian terkena cahaya. Sedangkan sparkle merupakan pantulan kilauan dari potongan serta faset pada berlian saat berlian digerakkan di bawah cahaya.

“Semua orang dapat melihat keindahan berlian, tetapi kadang tidak selalu yakin dengan apa yang mereka lihat atau cukup percaya diri dengan apa yang dilihat,” ujar Justin Wagner, Director International Business, GemEx, melalui zoom dalam acara bersama Adelle Jewellery di Jakarta, Senin (20/6/2022).

Untuk memastikannya, menurut Justin, kita bisa melihat dari tiga skala yang diukur GemEx itu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.