Kompas.com - 24/06/2022, 15:44 WIB
Konsultasi Tanya Pakar Nutrisi

Cari jalan keluar tentang nutrisi secara tepat?

Periksa terperinci gizi Anda, konsultasi ke Kompas.com!

Penulis TANYA PAKAR
|


Narasumber: dr. Juwalita Surapsari, Sp.GK, M.Gizi

Pertanyaan:

Halo Dok, saya wanita berusia 24 tahun dengan tinggi 160 sentimeter dan berat badan 55 kilogram. Sebenarnya saya merasa proporsi badan kurang ideal. Apalagi kalau cek di aplikasi katanya berat badan saya termasuk berlebih.

Sebenarnya bagaimana cara menentukan berat badan ideal. Kalau dilihat di aplikasi, sepertinya targetnya tinggi sekali untuk masuk kategori ideal. Saya takut kalau jadi obesitas. Mohon saran dokter bagaimana cara mengukurnya.
Kenny, Bogor

Baca juga: 6 Kebiasaan Makan untuk Turunkan Berat Badan di Usia 40 Tahun

Jawaban:

Halo Kenny, terima kasih atas pertanyaannya,
Cara mudah untuk mengetahui apakah berat badan kamu termasuk normal, berlebih/obesitas, atau kurang adalah dengan menghitung indeks massa tubuh (IMT).

Rumus menghitung IMT adalah berat badan (kilogram) dibagi dengan tinggi badan (meter persegi). Nah, jika dihitung tinggi dan berat badan kamu, maka IMT kamu 21.48 masih masuk dalam kategori normal karena berada dalam rentang 18.5 - 22.9. Sedangkan untuk mengetahui berat badan ideal adalah 90 persen (tinggi badan - 100).

Nah untuk tinggi badan 160 maka berat badan idealnya adalah 54 kilogram yang perbedaannya tipis dari berat badan kamu sebenarnya.

Nah, tetapi memang bisa saja komposisi tubuh akan menyebabkan berat badan tampak kurang ideal. Misalnya sama-sama memiliki berat badan 55 kilogram tetapi seseorang memiliki massa otot besar dengan massa lemak normal, dengan orang lain yang sama-sama 55 kilogram tetapi tubuhnya memiliki massa lemak yang tinggi.

Baca juga: Trik Penurunan Berat Badan yang Sering Diabaikan

Untuk mengetahui komposisi tubuh kamu, kamu dapat mencari alat body composition analysis di fasilitas kesehatan, rumah sakit, atau klinik terdekat lokasimu ya.

Semoga jawabannya membantu ya. Sehat selalu, Kenny!
Terima kasih.

Narasumber: dr. Juwalita Surapsari, Sp.GK, M.Gizi
Dokter Spesialis Gizi Klinik
RS Pondok Indah – Pondok Indah

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.