Kompas.com - 27/06/2022, 08:20 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Elvis Presley merupakan satu dari segelintir ikon paling berpengaruh di dunia abad ke-20.

Ia mendapat julukan sebagai "King of Rock n Roll" karena keahliannya membawakan lagu-lagu bergenre rock, country, dan blues sepanjang pertengahan 1950-an.

Selain karya musiknya, penampilan Elvis dengan gaya rambut quiff klasik, jumpsuit berpayet, celana cutbray, dan kemeja Hawaii di atas panggung masih terus diingat orang sampai sekarang.

Namun tidak banyak yang mengetahui jika sang legenda ternyata hobi mengoleksi jam tangan.

Tidak melulu jam tangan mewah seperti Omega yang berhiaskan berlian, ia juga sempat mempunyai jam tangan dengan desain yang unik: Hamilton Ventura.

Elvis Presley Memakai Arloji Hamilton Ventura Elvis Presley Memakai Arloji Hamilton Ventura

Dirilis pertama kali pada 1957 oleh desainer mobil dan ilustrator majalah fiksi ilmiah Richard Arbib, Hamilton Ventura memiliki tampilan yang terbilang futuristik, dengan cangkang segitiga dan dial berwarna hitam yang khas.

Bisa dikatakan, arloji ini adalah perpaduan antara gaya arsitektur googie (gaya yang mulai populer di California Selatan pasca Perang Dunia II) dengan model jam atom buatan perancang industri AS, George Nelson.

Sebagai arloji elektrik pertama di dunia yang ditenagai baterai, Ventura mulai menjadi pembicaraan hangat di kalangan penggemar arloji dan pada akhirnya merevolusi dunia pembuatan jam.

Tetapi satu alasan terkuat yang membuat Ventura tetap menarik perhatian publik adalah, Elvis kedapatan mengenakan arloji ini saat bermain dalam film romansa komedi "Blue Hawaii" yang dirilis pada 1961.

Hamilton Ventura Bermesin Kuarsa Hamilton Ventura Bermesin Kuarsa

Hamilton Ventura masih menjadi yang terdepan dalam hal teknologi jam tangan selama beberapa tahun pasca diluncurkan di tahun 1957.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.