Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Berlatih Angkat Beban untuk Cegah Cedera Otot dan Tulang Belakang

Kompas.com - 29/06/2022, 07:07 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagai pemula, berlatih angkat beban sebaiknya tidak boleh dilakukan sembarangan.

Alih-alih mendapatkan massa otot yang diidam-idamkan ketika memulai latihan angkat beban, bisa jadi otot dan tulang yang cedera malah menjadi korban.

"Injury atau cedera akibat angkat beban itu yang paling sering kami temukan. Biasanya karena tidak mengikuti aturan yang benar."

Demikian kata Dr. Luthfi Gatam, Sp.OT (K) Spine - Spesialis Bedah Orthopedi & Traumatologi Eka Hospital BSD dalam media gathering, di Tanatap Coffee, Ampera, Jakarta Selatan, Selasa (28/9/2022).

Sejumlah kekeliruan yang kerap dilakukan para pemula hingga mengakibatkan cedera itu di antaranya adalah salah kuda-kuda, beban yang melampaui kemampuan tubuh, sampai nutrisi makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Apabila tidak mengindahkan sejumlah kiat tersebut, maka kemungkinan cedera tulang belakang bisa dialami para pemula.

Baca juga: Jangan Abai, Kenali Tanda dan Gejala Cedera Tulang Belakang

Risiko cedera tulang belakang

Ilustrasi nyeri tulang, salah satu gejala paget disease.SHUTTERSTOCK Ilustrasi nyeri tulang, salah satu gejala paget disease.

Risiko cedera pada tulang belakang dapat terjadi ketika kita salah mengambil langkah saat kuda-kuda atau gerakan awal saat mengangkat beban.

Misalnya, keliru menempatkan beban awal yang terlalu jauh dari jarak antara tulang belakang dan perut hingga beban yang diangkut ternyata tidak sesuai dengan kapasitas tubuh.

Padahal, kata Dr. Luthfi, jarak yang paling ideal agar tulang belakang mampu menahan suatu beban tanpa cedera itu adalah yang paling dekat dengan perut.

"Ketika diangkat tulang belakang nggak cukup kuat untuk menahan beban karena otot kita belum terlatih."

"Atau bisa juga karena jarak saat beban diangkat jauh dari perut. Akibatnya cedera tulang belakang, bantalan tulang belakang bisa terjepit atau keluar," sambungnya.

Untuk mencegah risiko tersebut, kita dapat menyesuaikan beban yang diangkat di fase awal latihan.

"Saya selalu bilang mulai dari awal, itu penting. Dimulai dari yang ringan lalu berat. Frekuensi jangan terlalu sering, perlahan-lahan lalu bertambah," jelasnya.

Baca juga: Cedera Otot Hamstring: Gejala, Penyebab, hingga Pengobatan

Risiko cedera otot dan persendian

Penyesuaian chiropractic, termasuk menggunakan Y strap, adalah jenis terapi yang melibatkan manipulasi manual tulang belakang, dan terkadang juga area tubuh lainnya, yang bertujuan untuk meredakan berbagai gejala.PEXELS/RYUTARO TSUKATA Penyesuaian chiropractic, termasuk menggunakan Y strap, adalah jenis terapi yang melibatkan manipulasi manual tulang belakang, dan terkadang juga area tubuh lainnya, yang bertujuan untuk meredakan berbagai gejala.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com