Giokniwati
Trainer, Coach, Consultant. Founder of Elevasi Performa Insani (elevasi.id)

Perempuan yang memiliki kegairahan dalam mengelevasi sumber daya manusia sehingga lebih berdaya, berkinerja unggul, dan memiliki makna. Seorang pengamat kehidupan yang memetik buah inspirasi untuk dibagikan kepada orang lain melalui tulisan maupun sesi bicara.

Sindrom Sarang Kosong: Aku Rindu Mereka, Pak Domu

Kompas.com - 29/06/2022, 11:22 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

ANAK muda bernama Bene Dion Rajagukguk mengangkat ke layar perak sebuah situasi yang lumrah terjadi, yaitu hubungan orangtua dengan anak.

Film Ngeri-ngeri Sedap yang mengekspresikan adat Batak menambah kaya sudut pandang, ditambah dengan “larangan” dan “keharusan” yang dirasa beberapa hal di antaranya tidak lagi relevan.

Plot cerita mengantarkan pada sebuah perenungan, tentang sesuatu yang mutlak atau dapat dinegosiasikan, juga dapat menjadi cermin kontemplasi bagi orang Batak maupun orangtua secara umum.

Memori lima tahun lalu memanggil. Saya menangis sesenggukan di dalam taxi saat meninggalkan puteri semata wayang untuk belajar di benua lain berjarak lima ribu dua ratus kilometer dari rumah.

Dia baru seminggu merayakan ulang tahun ke tujuh belasnya di Jakarta. Pengemudi taxi yang mengangkut saya dan suami ke bandara Tullamarine di Melbourne menjadi canggung.

Suamiku yang duduk di sampingnya memberi penjelasan agar tidak diprasangkai penyebab lain.

Hingga dua belas minggu setelahnya, saya perlu menyambangi kamar kosong Joanna, walaupun kami sering berinteraksi melalui teks maupun panggilan video.

Saya dan suami sangat mendukung Joanna menempuh studi di luar negeri. Namun konsekuensi atas keputusan itu tetap menyisakan rasa kehilangan yang menyesakkan.

Rindu. Kurang lebih beginilah ungkapan perasaan seorang ibu bernama Mak Domu yang diperankan oleh Tika Panggabean kepada suaminya, Pak Domu.

"Aku rindu mereka, Pak Domu.”

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.