Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Fenomena Quarter Life Crisis di Kalangan Milenial

Kompas.com - 01/07/2022, 09:15 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Riski Monika dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Usia 20 sampai 30 tahun mungkin menjadi fase hidup paling mengerikan bagi beberapa orang. Individu dalam rentang usia ini umumnya memiliki tanggung jawab dan peluang untuk eksplor karier maupun kehidupan pribadi.

Dalam usia rentang ini manusia juga akan merasakan lebih banyak stres. Faktanya, banyak orang dalam fase hidup ini mulai merasa tidak percaya diri akan tujuan, rencana, bahkan pasangan dalam hidup.

Krisis emosional yang sering kalimelanda generasi milenial, juga dirasakan oleh Fadilah Novitasari atau Fafa, Teman Halo Jiwa yang juga menceritakan kisahnya melewati fase quarter life crisis dalam siniar Anyaman Jiwa bertajuk “Proses Pendewasaan Diri Melalui Fase Quarter Life Crisis”.

Peralihan dari masa remaja menuju dewasa, melahirkan banyak perubahan dalam hidup. Rasa takut akan pertanyaan seputar masa depan, menjadikan sebagian orang merasa tidak percaya diri akan masa depan yang akan dihadapi.

“Sering merasa kalah atas pencapaian orang lain, merasa apa yang dilakukan sia-sia, menjalani hidup tanpa dukungan orang lain itu hal yang aku alami saat mengalami fase quarter life crisis,” ujar Fafa.

Quarter Life Crisis

Dilansir Bradley University, fase quarter life crisis atau dikenal juga dengan fase krisis seperempat kehidupan. Fase ini masa ketika seseorang merasa tidak yakin dan selalu mempertanyakan segala hal yang terjadi selama pertengahan usia 20-an hingga awal 30-an.

Orang yang mengalami hal ini biasanya merasa jika mereka terjebak dalam pekerjaan buntu, sementara semua karier teman mereka sedang maju. Mereka juga akan bertanya-tanya mengapa mereka tidak bisa mempunyai hubungan romantis ketika orang sekitar sudah memilikinya.

Baca juga: Yakin Besok Resign? Siapkan Dulu 5 Hal Ini

Harvard Business Review mencatat jika quarter life crisis biasanya terjadi dalam empat fase. Pertama, seseorang akan merasa terjebak dalam berbagai komitmen, entah dalam kehidupan pribadi maupun pekerjaan. Lalu, ada semacam rasa kesepian entah karena pindah ke tempat yang baru, atau meninggalkan suatu hubungan.

Selama periode ini, mereka akan merenungkan kehidupan dan mulai memikirkan kemungkinan lain untuk mengubah rencana sebelum menjelajahi kehidupan baru, peluang pekerjaan baru, atau keluar dari berbagai macam krisis yang dihadapi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.