Kompas.com - 01/07/2022, 12:54 WIB

KOMPAS.com - Protein merupakan salah satu nutrisi penting yang dapat memperbaiki sel dan jaringan, serta membantu menstabilkan gula darah dan menghilangkan rasa lapar.

Meski begitu, tidak semua protein diciptakan sama, sehingga kita perlu menambahkan protein yang berkualitas ke dalam rutinitas makan.

Langkah ini berguna untuk bisa menurunkan berat badan secara efektif, menjadi lebih kuat, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

"Misalnya, potongan daging berlemak memang mengandung protein, tetapi juga dikemas dengan lemak jenuh, natrium, dan komponen tidak sehat lainnya yang menyumbat arteri," kata ahli diet, Lyssie Lakatos, RD, CDN.

"Ini tidak hanya menyingkirkan beberapa protein yang ditemukan dalam produk hewani, tetapi juga berdampak negatif bagi kesehatan."

"Untuk itu, kita harus memilih protein hewani dengan kualitas terbaik yang dapat memberikan nutrisi bermanfaat tanpa faktor negatif ini," sambung dia.

Baik protein hewani maupun nabati mengandung sembilan asam amino yang disebut "esensial".

Baca juga: Ini yang Terjadi jika Tubuh Mendapatkan Asupan Protein Berlebih

Sebutan esensial muncul karena kandungan di dalamnya sangat penting untuk membangun protein, hormon, dan neurotransmiter yang semuanya berasal dari makanan.

Namun, tidak semuanya pun mengandung sembilan asam amino yang penting ini.

Sehingga, kita harus tetap memilih makanan mana saja yang mengandung nutrisi ini dan vitamin lainnya yang baik bagi tubuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.