Kompas.com - 06/07/2022, 05:05 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Salah satu supercar Ferrari yang sempat merajai lintasan balap di tahun 1950-an akan dilelang di rumah lelang RM Sotheby's.

Mobil yang dimaksud adalah Ferrari 410 Sport Spider rilisan 1955, yang memiliki kapasitas mesin 4,9 liter berkonfigurasi V-12.

Ferrari 410 Sport Spider pernah dikemudikan pembalap Formula 1 legendaris asal Argentina, Juan Manuel Fangio.

Sang pembalap memulai debutnya mengendarai 410 Sport Spider ini dalam balapan 1000 kilometer di Buenos Aires pada tahun 1956.

Supercar tersebut kemudian dibeli oleh pria bernama John Edgar untuk dikendarai Carroll Shelby bersama Tim Edgar selama musim balapan 1956 dan 1957.

Sejak saat itu, Shelby lebih banyak memenangi balapan dengan menggunakan 410 Sport Spider ketimbang mobil lain dalam kariernya.

Mobil balap dengan warna merah yang ikonik itu adalah satu dari sedikit mobil mewah Ferrari yang dirancang dan dibangun Sergio Scaglietti.

Menariknya, pada area tangki 410 Sport Spider terdapat tulisan dari Shebly berbunyi "Mr Ferrari told me that this was the best Ferrari he ever built."

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, artinya lebih kurang adalah "Mr. Ferrari mengatakan kepada saya bahwa ini adalah Ferrari terbaik yang pernah dia buat."

Tidak hanya Fangio dan Shelby, mobil ini juga pernah dikendarai oleh sederet pembalap legendaris termasuk Phil Hill, Eugenio Castellotti, Masten Gregory, Richie Ginther, Joakim Bonnier, Bruce Kessler, Jim Rathmann dan Chuck Daigh.

Ferrari 410 Sport Spider menyudahi "masa tugasnya" alias pensiun dari lintasan balap pada 1960-an.

Dijadwalkan, supercar ini akan dilelang di Monterey, California, AS pada Agustus mendatang.

Baca juga: 10 Mobil Termahal Sepanjang Masa, Mana Favoritmu?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.