Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Bagaimana Menghadapi Orang yang Selalu Memanfaatkan Kita?

Kompas.com - 06/07/2022, 09:47 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Riski Monika dan Ikko Annata

KOMPAS.com - Menjalin hubungan antar manusia, baik dari lingkup pertemanan, percintaan, keluarga, atau sesama rekan kerja sejatinya adalah satu tujuan, yaitu terbentuknya kedamaian.

Namun, sering kali ketika kita berbuat baik kepada orang lain, perbuatan itu justru disalahgunakan oleh mereka yang hanya memanfaatkan kebaikan kita saja. Kamu pasti pernah merasakah hal ini 'kan? Tenang, kamu nggak sendiri kok!

Rizqa, Teman Manusia Asa, juga pernah mengalami hal yang sama. Bagaimana cara Rizqa mengatasinya? Simak insight menariknya lewat siniar Anyaman Jiwa bertajuk “Sering Dimanfaatin Orang Lain”.

Rasa sedih pasti ada saat sadar orang yang sudah kita anggap sebagai teman, justru hanya memanfaatkan kebaikan atau kelebihan kita. Lalu, kita akan bertanya-tanya mengapa mereka tega melakukan itu?

“Waktu itu aku diminta teman untuk membantu tugasnya jam 2 pagi dengan alasan pada saat itu, cuma aku yang masih terjaga. Aku nggak enak hati kalau nolak,” ujar Rizqa.

Setelah tau jika ia hanya dimanfaatkan oleh temannya, ia sadar bahwa ia memang tidak tegas terhadap dirinya sendiri sehingga orang lain dengan mudah mempengaruhinya. Padahal jika dalam keadaan mendesak, ia harusnya bisa saja menolak permintaan temannya dengan memberikannya penjelasan yang baik.

Baca juga: Fenomena Quarter Life Crisis di Kalangan Milenial

Lantas, bagaimana cara menghadapi orang yang hanya ingin memanfaatkan kita?

Psikoterapis Emily Roberts dalam tulisannya mengatakan, setiap orang perlu belajar untuk menghargai diri mereka sendiri dan membiarkan orang lain mengambil keuntungan dari kita. Ketika kita berhenti membiarkan orang lain memanfaatkan kita, berarti kita sudah menghormati harga diri kita sendiri.

Ketika orang lain memanfaatkan kita, bisa jadi orang itu melakukannya dengan alasan; ingin menyakiti kita, perasaan putus asa dan keyakinan yang kuat bahwa kita tak pantas dihormati, serta membuat kita untuk bertindak tegas dan membela diri sendiri.

Asalan ketiga, mungkin akan membantu kita mengembangkan pikiran agar lebih menghargai diri sendiri, meski awalnya terasa tidak nyaman.

Cobalah Membuat Batasan yang Baik

Ingatkan diri kita bahwa tidak apa-apa untuk mengatakan “Tidak” kepada siapa pun, jika itu mengganggu tujuan, keyakinan, atau jadwal kita. Kita tidak harus menjadi orang yang selalu ada untuk siapa pun.

Kita bisa memberi tahu orang tersebut dengan baik, atau bersikap tegas jika dibutuhkan.

Berhenti Merasa Bersalah

Berhentilah merasa bersalah dengan hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan diri kita. Kita tidak bertanggung jawab atas tindakan orang lain, jadi menyalahkan diri sendiri tentang sesuatu yang dilakukan orang lain adalah kontra produktif.

Hal tersebut justru akan membuat kita jauh dari kedamaian batin yang seharusnya layak didapatkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com