Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kolaborasi Richard Mille x Ferrari Lahirkan Arloji Setipis Silet

Kompas.com - 07/07/2022, 06:11 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Hodinkee

KOMPAS.com - Rasanya, baru beberapa bulan lalu Bvlgari memecahkan rekor baru untuk pembuatan jam tangan paling tipis di dunia.

Sekitar penghujung Maret, Bvlgari mengenalkan Octo Finissimo Ultra, anggota keluarga baru dari lini Octo andalan perusahaan.

Dengan ketebalan hanya 1,8 milimeter, jam tangan ini benar-benar tipis layaknya secarik kertas jika dilihat dari samping.

Baca juga: Bvlgari Bikin Arloji Setipis Kertas

Namun, gelar sebagai jam tangan tertipis di dunia kini "diserobot" oleh Richard Mille RM UP-01 Ferrari.

Karya hasil kolaborasi Richard Mille dengan manufaktur Ferrari ini hanya setebal 1,75 milimeter, atau 0,05 milimeter lebih tipis daripada Octo Finissimo Ultra.

Tidak seperti Bvlgari atau Piaget (pemegang rekor sebelumnya) yang hanya mengandalkan cangkang belakang sebagai tempat untuk meletakkan mesin, Richard Mille memasang seluruh bagian mesin ke dua sisi cangkang.

Arloji ini menampilkan indikator jam, menit, detik, dan function selector yang tersebar di seluruh permukaan cangkang yang lebar.

Pelat mesin yang digunakan dibuat transparan (skeleton), dan sudah diuji untuk menahan tekanan medan magnet lebih dari 5.000 Gauss.

Richard Mille RM UP-01 Ferrari Richard Mille RM UP-01 Ferrari

Mesin RM UP-01 yang menggerakkan jam dikembangkan oleh Richard Mille dan Renaud & Papi (lini bisnis Audemars Piguet yang didirikan mantan pembuat jam AP, Dominique Renaud dan Giulio Papi pada tahun 1986).

Kedua pihak mendesain ulang escapement dengan membuat roda keseimbangan (balance wheel) titanium yang lebih tipis, tanpa mengorbankan fungsi dan kemampuan mesin.

Pada umumnya, escapement memiliki guard pin dan safety roller yang berfungsi melindungi tuas pelepasan dari goncangan.

Namun, kedua komponen itu dihilangkan oleh Richard Mille.

"Ultra-flat escapement baru yang dipatenkan menghilangkan kedua komponen dan menempatkan fungsi banking langsung ke anchor fork," demikian bunyi keterangan watchmaker Swiss itu.

"Anchor fork itu dibuat lebih panjang dan bagian tanduk dimodifikasi."

RM mendesain cangkang dalam bentuk persegi panjang dengan sudut yang membulat. Cangkang ini terbuat dari titanium Grade 5 dan memiliki dimensi 51 x 39 x 1,75 milimeter.

Halaman:
Baca tentang
Sumber Hodinkee
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com