Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengulik Kepribadian ENTJ, Sosok Pemimpin Alami yang Energik

Kompas.com - 07/07/2022, 07:15 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada begitu banyak tipe kepribadian berdasarkan tes pengukuran MBTI (Myers Briggs Type Indicator), salah satunya ENTJ (Extraverted, Intuitive, Thinking, Judging).

Menurut Kepala Kepemimpinan Pemikiran di Perusahaan Myers-Briggs, John Hackston, ENTJ hanya dimiliki 1,8 persen dari populasi, dan cenderung ditemukan pada laki-laki.

"Pemimpin alami ini dapat digambarkan sebagai orang yang mudah penasaran, energik, percaya diri, pragmatis, pemecah masalah kreatif, dan tegas," kata Hackston.

"Mereka yang memiliki preferensi kepribadian untuk ENTJ fasih secara verbal dan mendapatkan energi dengan berinteraksi dengan orang-orang, bertukar ide, dan mewujudkan sesuatu," sambung dia.

Baca juga: Mengulik 5 Kepribadian Si Cewek Mamba yang Suka Pakai Baju Hitam

Contoh utama seorang ENTJ adalah pengusaha Bill Gates.

Tipe ini juga jarang sekali berkecil hati dengan tantangan.

Bahkan, mereka menyukainya dan memiliki sejarah yang sukses dalam membuat prestasi besar untuk segala hal, mulai dari politik hingga bisnis.

Namun, ketika berada di bawah tekanan ekstrem, Hackston mencatat, orang ENTJ dapat merasa sendirian, kurang dihargai, dan diliputi keraguan diri.

"Meski begitu, mereka tidak akan secara terbuka menunjukkan perasaannya," tambah dia.

Sifat-sifat utama ENTJ

Ada beberapa sifat utama yang menonjol dari tipe kepribadian ini yaitu:

• Percaya diri

Tipe ENTJ pada akhirnya adalah orang yang percaya diri pada kemampuannya untuk menyelesaikan sesuatu, dan mereka benar-benar melakukannya.

Hackston menjelaskan, kepercayaan diri ENTJ kadang-kadang bisa terlihat sebagai kesombongan, tetapi kualitas inilah yang dapat memberikan kesuksesan secara profesional.

• Pemecah masalah

Menjadi salah satu tipe MBTI yang intuitif, kepribadian ENTJ dikenal sebagai pemecah masalah yang kreatif.

Sebagai seorang psikolog, Kristina Hallett, PhD, ABPP, sebelumnya menjelaskan bahwa tipe kepribadian ini memiliki intuisi yang dapat mengumpulkan informasi dari perspektif yang lebih luas.

Baca juga: Gangguan Kepribadian Histrionik, Senang Drama dan Cari Perhatian

Mereka dapat membuat hubungan antara pola yang mungkin tidak mudah dilihat dari yang spesifik pada saat itu.

Hackston juga menambahkan, kecintaan ENTJ terhadap kemungkinan yang berbeda dan melihat gambaran besar sering membuat mereka berdiskusi maupun mengeksplorasi ide, serta wawasan orang, demi bisa mempelajarinya bersama.

• Energik

Menjadi tipe kepribadian yang ekstrovert dan ingin tahu, Hackston mengungkapkan ENTJ memiliki simpanan energi pribadi yang tidak mudah habis.

Mereka diberi energi dengan bertukar ide dan memecahkan masalah dengan orang lain, lalu menggunakan energi ini untuk menyelesaikan semua proyek atau masalah mereka.

• Pemimpin alami

Orang-orang ENTJ biasanya menjadi pemimpin alami karena kecenderungan untuk ekstraversi, antusiasme karismatik, dan pasokan energi yang tak ada habisnya.

Mereka juga dapat dengan mudah membuat orang lain mendukung mereka dengan cara menginspirasi melalui energi mereka sendiri.

• Berpikir kritis

Terakhir, ENTJ bisa berpikir sangat kritis.

Menurut Hackston, mereka mungkin tidak mempertimbangkan pendapat atau sudut pandang lain saat membuat keputusan dan mencari solusi.

"Pendekatan dogmatis ini tentu bisa membuat ENTJ mengintimidasi dan bahkan dianggap tidak sensitif," kata dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com