Kompas.com - 07/07/2022, 12:27 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sering berada di bawah sinar matahari, terutama di musim liburan? Hati-hati, kulit bisa menderita sunburn lho.

Sunburn merupakan luka bakar akibat sengatan sinar matahari yang dapat meningkatkan risiko kanker kulit dan penuaan dini.

Sama seperti jenis luka bakar lainnya, sunburn pun dapat diklasifikasikan menurut tingkat keparahannya untuk membantu pilihan perawatan.

“Sunburn tingkat pertama merupakan kerusakan pada lapisan kulit terluar, yang disebut sebagai epidermis, biasanya, kulit akan memerah, sensitif, dan nyeri,” kata dokter kulit Fatima Fahs, MD.

“Sunburn tingkat dua melibatkan lapisan kulit yang lebih dalam yang disebut dermis. Luka bakar tingkat dua ini biasanya menyebabkan lepuh dan terasa ebih sakit,” sambungnya.

Sementara itu, sunburn tingkat tiga adalah tahapan terparah. Ada beberapa gejalanya, yakni demam, menggigil, dehidrasi parah, hingga melepuh.

Jadi jika mengelaminya, sebaiknya tidak melakukan pengobatan rumahan dan segera menemui dokter.

Sayangnya, jika kita mengalami sunburn, kerusakan di kulit sudah terjadi. Jadi, jalan yang terbaik adalah mencegah timbulnya sunburn dan menjauhi penyebab potensialnya.

Baca juga: 8 Cara Mengobati Kulit Terbakar karena Sinar Matahari

Namun jika terlanjur mengalaminya, ada beberapa tips untuk membantu menghilangkan efek sunburn. 

Dinginkan kulit

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menghindari sinar matahari agar sunburn tidak semakin parah. Pasalnya, kulit yang mengalami sunburn akan sangat sensitif dan berisiko mengalami kerusakan lebih lanjut.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Glamour
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.