Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga Prosopagnosia, Brad Pitt Kesulitan Kenali Wajah Orang Lain

Kompas.com - 07/07/2022, 16:13 WIB
Dinno Baskoro,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Foxnews

KOMPAS.com - Belum lama ini, Brad Pitt mengakui dalam sebuah wawancara dengan GQ bahwa dia mengidap gangguan prosopagnosia.

Aktor Hollywood berusia 58 tahun itu mengatakan, meski belum sempat ke dokter untuk mendiagnosisnya, tapi gangguan itu membuat dia kesulitan dalam mengenali wajah orang lain.

Menurut laporan Neurological Disorders and Stroke, prosopagnosia adalah gangguan neurologis yang ditandai dengan ketidakmampuan mengenali wajah atau agnosia wajah.

Melansir dari Fox News, laporan itu menyatakan gangguan ini memiliki potensi perkembangan yang lebih luas, diperkirakan 1-2 persen dari populasi AS memiliki kondisi seperti Brad Pitt.

Dr. Brad Duchaine, seorang profesor ilmu psikologi dan otak di Dartmouth College, Hanvover, menyatakan, kesulitan mengenali wajah seseorang itu biasanya tanpa dibarengi gangguan indra penglihatan.

Dengan kata lain, pasien bukan memiliki masalah pada visualnya, seperti rabun atau buram, melainkan ada sesuatu yang salah di otak dalam memproses sesuatu. 

"Pengenalan wajah tergantung pada jaringan di area otak yang saling berhubungan di lobus oksipital dan temporal," kata dia.

"Ketika jaringan itu tidak berfungsi dengan baik, orang tersebut akan memiliki masalah dengan pemroses wajah atau mengenali seseorang."

Penyebab dari kondisi tersebut sebenarnya diperlukan penelitian lebih lanjut.

Tapi secara umum, prosopagnosia disebabkan oleh malfungsi bagian otak tertentu, kerusakan otak, kegagalan dalam mengembangkan jaringan atau degenerasi.

Baca juga: Brad Pitt Akui Sering Mimpi Buruk, Kenali Tips Mengatasinya

Apakah penyakit ini dialami sejak lahir atau berkembang seiring waktu?

Halaman:
Sumber Foxnews
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com