Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/07/2022, 19:00 WIB
Anya Dellanita,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat cuaca panas, menyalakan penyejuk ruangan (AC) tentu akan menjadi jawaban jitu bagi banyak orang.

Sayangnya, pemakaian AC dapat menimbulkan efek samping, yaitu membuat kulit mengering.

Hal ini disebabkan karena fungsi utama AC adalah untuk menghilangkan kelembapan atau uap air dari udara, mengembunkannya, dan menghasilkan udara dingin.

"Penurunan kelembapan di atmosfer membuat kulit dehidrasi, membuatnya lebih kering," kata dokter kulit di Glamderm di New York Lian Mack, M.D.

Sementara itu, menurut dokter kulit Anthony Rossi, M.D., baik AC maupun pemanas dapat mengeringkan kulit.

Baca juga: Tips Menghilangkan Kulit Kering pada Tangan

"Kulit menjadi kering karena tidak adanya kelembapan. Anda juga mungkin akan menyadari bahwa tenggorokan terasa kering karena hal yang sama," kata Rossi.

Namun, tak perlu khawatir dan memaksa mematikan AC meski udara di luar sangat panas. Sebab, ada tips untuk menjaga kulit dari kekeringan karena AC.

Melembapkan dan menghidrasi

Marisa Garshick, M.D., dokter kulit bersertifikat di Manhattan Dermatology and Cosmetic Surgery dan penasihat BioRepublic, mengatakan, melembapkan kulit penting untuk menjaganya tetap terhidrasi.

"Pelembap yang berfungsi untuk meningkatkan hidrasi dan mengunci kelembapan dapat membantu mengembalikan kelembapan yang hilang," ujar dia.

Rossi merekomendasikan agar kita mencari pelembap dengan humektan, zat yang dapat menjebak dan menahan kelembapan kulit.

Zat ini juga membantu lapisan atas kulit untuk mempertahankan penghalang epidermis, membatasi kehilangan air transepidermal.

Baca juga: Kulit Kering atau Eksim? Cermati Perbedaannya...

"Secara biologis, kulit kita memiliki faktor pelembap alami, yang hadir di stratum korneum dan bertindak sebagai humektan, yang menyerap kelembaban dari atmosfer dan sensitif terhadap kelembaban atmosfer,” kata Rossi.

Tetap terhidrasi pun tak kalah penting. “Minum lebih banyak air secara teratur akan membantu melembapkan kulit dari dalam," kata Mack.

Gunakan humidifier

Karena AC menghilangkan kelembapan dari udara, para dokter kulit sepakat, menggunakan humidifier.

Humidifier membantu mengurangi kekeringan di udara bisa bermanfaat jika kulit terasa sangat kering.

"Hal terbaik yang dapat dilakukan adalah memasang humidifier di rumah, yang menambah kelembapan udara dan membantu menciptakan suasana yang menyenangkan,” ujar Mack.

Namun, Mack mengingatkan agar kita selalu menjaga humidifier dan AC tetap bersih untuk menghindari pertumbuhan bakteri dan jamur.

Baca juga: Simak, 6 Cara Mengatasi Kulit Kering dan Dehidrasi

Lalu, Mack juga merekomendasikan untuk menyimpan tanaman di ruangan yang sejuk.

"Tanaman berkontribusi pada peningkatan kelembapan udara dengan menguapkan air dari tanah ke daun, suatu proses yang dikenal sebagai evapotranspirasi," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com