Kompas.com - 11/07/2022, 16:24 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Menjalani padatnya aktivitas tentu harus didukung dengan asupan makanan yang tepat.

Salah satunya kita disarankan mengonsumsi makanan dengan kandungan zat besi untuk menghindari kelelahan hingga lunglai.

Zat besi adalah mineral vital yang yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi hemoglobin, sejenis protein dalam sel darah merah yang mengangkut oksigen.

Bila tubuh mengalami kekurangan zat besi, maka dampaknya bisa mengganggu masalah kesehatan yang berujung pada kelelahan yang ekstrem.

Maka dari itu, simak ulasan berikut ini 7 makanan kaya zat besi terbaik yang bisa kita masukkan ke dalam pola makan sehari-hari, seperti dilansir Live Science.

Baca juga: Pentingnya Asupan Zat Besi untuk Mencegah Stunting

1. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang dan biji memiliki arti, jenis, dan kandungan nutrisi yang berbeda. FREEPIK/8photo Kacang dan biji memiliki arti, jenis, dan kandungan nutrisi yang berbeda.

Kacang-kacangan adalah makanan nabati yang mengandung zat besi yang baik. Kacang-kacangan juga kaya akan protein, vitamin dan mineral lainnya.

Salah satu jenis kacang-kacangan yang direkomendasikan ahli gizi adalah kacang merah, kacang pinto dan kacang hitam.

Begitu pula pada biji-bijian utuh juga tinggi zat besi dan dilengkapi dengan nutrisi penting seperti vitamin dan protein nabati yang baik.

Seperti halnya kacang mete, pistachio, biji labu, almond, kacang Brasil, hazelnut hingga selai kacang (dari kacang tanah). Dalam 100 gram, kandungan zat besinya mampu mencukupi kebutuhan nutrisi harian tubuh.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.