Kompas.com - 12/07/2022, 13:50 WIB

KOMPAS.com - Orang yang menjalani pola makan vegetarian bisa mengalami kesulitan ketika berusaha menurunkan berat badan.

Pasalnya persentase kalori yang diasup lebih tinggi karena banyaknya asupan karbohidrat, menurut ahli diet asal Cleveland Clinic, Julia Zumpano, RD.

Vegetarian selama ini memang menjadi alternatif bagi sebagian orang untuk menyehatkan tubuhnya.

Alasannya, pola makan yang berfokus pada tanaman itu dapat menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker sekaligus menyehatkan kulit.

Namun mereka yang menganut vegetarian dengan banyak mengkonsumsi karbohidrat seperti roti, nasi, pasta, dan kentang, akan menjadi sulit menurunkan berat badan.

Meski sulit, penganut vegetarian masih mungkin menurunkan berat badannya, lho!

Baca juga: Mana yang Lebih Ampuh Turunkan Berat Badan, Diet Keto atau Vegetarian?

Kira-kira bagaimana caranya, ya? Simak tips yang diberikan Zumpano berikut ini.

Jenis-jenis vegetarian

Sebelum mengetahui apa saja caranya, ketahui dahulu bahwa tidak semua vegetarian itu sama. Di bawah ini jenis-jenis vegetarin yang perlu dipahami.

1. Vegan

Vegan merupakan orang yang mengikuti pola makan vegan sekaligus tidak makan produk hewani, seperti daging, susu, unggas, ikan, air, telur, susu, atau madu.

2. Lacto vegetarian

Orang yang menjalaninya tidak makan daging, unggas, ikan, atau telur, tetapi masih mau mengonsumsi produk susu ke dalam makanan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.