Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips untuk Tetap Harmonis dan Mencintai Pasangan

Kompas.com - 13/07/2022, 06:32 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak orang jatuh cinta pada pasangannya karena berbagai hal yang positif seperti penampilan fisik yang menarik, romantis, dan mungkin memiliki kecerdasan secara intelektual.

Tapi seiring berjalannya waktu, ketertarikan terhadap pasangan bisa berubah sehingga menyebabkan berkurangnya perasaan cinta yang dapat memengaruhi hubungan dalam jangka panjang.

Maka dari itu, setiap pasangan, terutama yang sudah menikah, harus bisa mempertahankan komitmen bersama untuk tetap saling mencintai dan memahami gambaran realistis tentang apa yang akan terjadi di masa depan.

Baca juga: Cara Mencintai Diri Sendiri dengan Bahagia

Ada pun beberapa hal dapat dilakukan untuk menghidupkan kembali romansa di dalam suatu hubungan.

1. Menjaga hubungan yang tetap nyata

Ahli hubungan dari San Diego State University, Will Mosier menjelaskan, menjaga hubungan romantis yang didasarkan pada kenyataan adalah kunci keharmonisan.

Dia mencatat perbandingan hubungan romantis yang nyata dengan yang dibayangkan masyarakat.

Perbedaan yang muncul membuat kebingungan bagi orang-orang yang tidak secara pribadi mengalami apa yang mereka lihat di film -misalnya.

Sehingga, kondisi ini dapat menciptakan kebencian dan kekecewaan.

Mosier juga mengungkapkan, keadaan ini biasanya terjadi ketika pasangan percaya untuk harus selalu setuju, atau hubungan akan membaik jika pasangannya akan berubah.

Jadi jelas, setiap orang memiliki pandangan yang berbeda tentang dunia, dengan pengalaman hidup yang berbeda pula.

Jadi, kita harus bisa memahami, konflik pasti akan terjadi, dan bagaimana menyelesaikannya secara nyata dengan pasangan adalah keharusan.

Baca juga: 3 Tips agar Pasangan Introvert dan Ekstrovert Bisa Hidup Damai

Mosier pun menekankan pentingnya bertanggung jawab atas kebahagiaan kita sendiri, alih-alih percaya bahwa itu bergantung pada pasangan kita.

2. Jatuh cinta karena menemukan kesalahan

Red flag yang muncul dalam suatu hubungan menandakan masalah yang dapat memperingatkan kedua belah pihak bahwa dinamika interaksi mereka perlu diperhatikan.

Namun sayangnya, banyak pasangan yang awalnya dibutakan oleh cinta sampai mereka benar-benar sadar jika masalah tersebut semakin membesar.

Dengan asumsi red flag hanya menandakan ketidakpuasan (dan bukan bahaya), ini bisa membuat kita terjebak dalam hubungan yang toksik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com