Kompas.com - 13/07/2022, 17:01 WIB
Konsultasi Tanya Pakar Parenting

Uraikan lika-liku Anda mengasuh anak jadi lebih simpel

Kenali soal gaya asuh lebih apik lewat konsultasi Kompas.com

Penulis TANYA PAKAR
|

Narasumber: Psikolog Ajeng Indri Hastuti, M.Psi.,

TANYA:

Saya ibu dari anak berusia 2.5 tahun. Dia lahir hanya beberapa bulan sebelum pandemi mulai. Saya ingin bertanya, apa saja poin penting dan detail yang harus saya pertimbangkan untuk memilih PAUD atau playgroup untuk anak saya? Lalu bagaimana cara menentukan kapan waktu yang tepat bagi anak saya untuk memulai sekolah formal? Terima kasih untuk masukannya.
Olivia – Depok

JAWABAN :
Halo Ibu Olivia, terima kasih atas pertanyaannya.

Poin penting yang harus dipertimbangkan untuk memilih playgroup?

Baca juga: Tahap dan Jadwal Pendaftaran PPDB PAUD, SLB dan PKBM DKI Jakarta 2022

Psikolog Ajeng Indri Hastuti M.PsiDok pribadi Psikolog Ajeng Indri Hastuti M.Psi
Playgroup merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berada dalam jenjang PAUD. Umumnya, anak yang masuk ke playgroup ini berusia 2-4 tahun. Fokus utama pengembangan pada jenjang ini adalah meningkatkan ketertarikan anak menambah pengetahuannya tentang berbagai hal baru dari lingkungan, membiasakan diri berada dalam situasi dengan kegiatan yang terstruktur agar ia bisa belajar untuk mendengarkan penjelasan orang lain, mengikuti instruksi, bersedia untuk mengerjakan tugas hingga selesai.

Selain itu, pengembangan juga diharapkan dapat menyasar pada kemampuan motorik anak, di mana anak dapat nyaman bergerak dan siap melakukan eksplorasi di lingkungan tanpa hambatan.

Playgroup juga bisa menjadi sarana untuk mengembangkan keterampilan sosial anak yaitu anak mulai mengenal teman seusianya, mampu berinteraksi dengan teman seusianya secara individual maupun kelompok, belajar berbagi, dan memahami aturan sosial yang ada di lingkungan.

Baca juga: 6 Cara Membantu Anak supaya Mendapat Teman di Sekolah

 

Penting bagi anak untuk mengembangkan kemampuan-kemampuan sebagai dasar untuk menunjang kegiatan belajar dengan tuntutan yang lebih tinggi nanti. Pada usia ini, cara belajar yang paling mudah dipahami oleh anak adalah melalui metode bermain.

Pada dasarnya, playgroup merupakan tempat awal anak untuk mulai mengembangkan kemampuan-kemampuan yang telah disebutkan di atas, tanpa tuntutan anak harus bisa sudah memiliki kemampuan-kemampuan tertentu sebelum masuk ke dalam playgroup. Dengan begitu, Bunda/Ayah dapat memilih playgroup yang memiliki metode belajar sesuai dengan usia anak saat ini dan dapat memfasilitasi anak untuk mengembangkan dirinya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.