Kompas.com - 14/07/2022, 16:14 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Meski internet dapat menjadi sumber pengetahuan bagi anak-anak, namun ada banyak konten negatif dan tidak pantas yang bisa saja diakses oleh mereka.

Ada pun menurut InternetMatters.org, konten yang tidak pantas didefinisikan sebagai pornografi, konten dengan isi sumpah serapah, situs yang mendorong perilaku menyimpang, bunuh diri, atau sejenisnya, dan video yang menggambarkan kekerasan terhadap hewan atau manusia.

Jika semua ini dilihat oleh anak-anak, maka orangtua perlu mendiskusikannya dengan tenang dan menerapkan cara membatasinya agar tidak terlihat anak-anak.

Kendati demikian, tidak semua anak yang terpapar konten seperti ini segera memberi tahu orangtua mereka. Ada juga yang malah merasa tertarik dan justru menyembunyikannya dari orangtua agar mereka tidak mendapatkan masalah.

Namun para orangtua tidak perlu khawatir, karena kita tetap bisa mengetahui bahwa anak-anak melihat konten yang tidak pantas secara online melalui beberapa cara, seperti yang dilansir dari laman Moms berikut ini.

1. Anak tiba-tiba membalik ke layar baru saat orangtua memasuki ruangan

Karena tablet atau ponsel memiliki ukuran yang lebih kecil dari desktop, lebih mudah bagi anak-anak untuk menyembunyikan apa yang sedang dilihat.

Namun, jika anak-anak secara konsisten beralih ke layar baru setiap kali orangtua berjalan di dekatnya, kemungkinan mereka melihat sesuatu yang tidak pantas.

Jika tampaknya anak-anak tidak pernah ingin konten di layar mereka dilihat, itu adalah topik yang harus didiskusikan.

Tidak ada yang menuduh, tetapi hanya secara langsung menanyakan tentang apa yang dapat diterima untuk dilihat di gadget mereka itu penting.

Hal ini dapat menghalangi anak-anak untuk terus melihat konten yang tidak pantas karena adanya transparansi dapat membuat orangtua mengatur apa yang dilihat anak-anak secara online.

Baca juga: Tangkas Berinternet, Bantu Ortu Lindungi Anak dari Konten Berbahaya

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Moms


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.