Kompas.com - 18/07/2022, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Ketika mendapatkan asupan makanan dan minuman, tubuh menyerap nutrisi yang dibutuhkan agar bekerja dengan optimal.

Lalu ke mana nutrisi dan mineral yang tidak diperlukan tubuh? Nutrisi dan mineral tersebut dibawa oleh darah menuju ke ginjal, yang menyaring kelebihan itu menjadi urin.

Apabila kita memiliki penyakit ginjal, beberapa nutrisi dapat menumpuk dan merusak organ dalam tersebut hingga menyebabkan gagal ginjal.

Biasanya, pasien penyakit ginjal akan diminta untuk menerapkan renal diet.

Apa itu?

Diet renal atau diet ginjal dirancang bagi individu dengan penyakit ginjal stadium lanjut atau stadium akhir dan membutuhkan dialisis atau ketika ginjal rusak sementara dan memerlukan waktu untuk pulih.

Baca juga: Mencegah Batu Ginjal Secara Alami, Mudah dan Sederhana

Dengan diet ini, pengidap penyakit ginjal dapat memperlambat penyakit sebelum berkembang dan memburuk.

Ahli diet terdaftar Susan Meyer, MS, RD, membagikan daftar makanan yang perlu dikonsumsi dan harus dihindari dalam diet renal.

"Ginjal kita gagal berfungsi dari waktu ke waktu," sebutnya.

"Untuk memperpanjang waktu itu sebanyak mungkin, kita perlu menyesuaikan pola makan guna mencoba dan mempertahankan fungsi ginjal yang kita miliki."

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.