Kompas.com - 19/07/2022, 15:29 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Berkendara di jalan raya membutuhkan sejumlah perlengkapan demi menunjang keselamatan.

Hal itu juga berlaku bagi seluruh pengguna jalan, tak terkecuali bagi pengguna sepeda listrik.

Mengabaikan perlengkapan keselamatan selama di jalan tentu saja dapat berisiko membahayakan keselamatan apabila terjadi kecelakaan.

Agar terhindar dari risiko tersebut, pakar keselamatan berkendara, Jusri Pulubuhu membeberkan tips safety riding dengan menggunakan sepeda listrik.

Jusri menyebutkan, sebetulnya keamanan saat mengendarai sepeda listrik tidak jauh berbeda dibanding ketika mengendarai sepeda konvensional.

Hanya saja, salah satu poin penting yang perlu diperhatikan adalah soal pemahaman karakter sepeda listrik itu sendiri.

"Safety riding yang utama paham karakteristik sepeda tersebut, jenisnya, sistem pengereman sampai bagaimana lajunya," ungkap Jusri Pulubuhu kepada Kompas.com.

Baca juga: Apa Perbedaan antara Sepeda Listrik dan Motor Listrik?

Dengan memahami karakteristik dari sepeda listrik yang akan dikendarai, paling tidak kita dapat menguasai cara kerja sepeda listrik agar tidak menimbulkan risiko kecelakaan.

Pasalnya, mengutip laman EasyBiking, ketidaktahuan pengendara akan mekanisme sepeda listrik menjadi salah satu penyebab terbesar kecelakaan terkait kendaraan satu ini.

Biasanya hal itu bisa kejadian karena si pengendara belum begitu memahami akselerasi  sepeda listriknya. Kecelakaan dapat dihindari jika pengguna sepeda listrik memahami aturan pemakaian yang tepat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.