Kompas.com - 19/07/2022, 20:00 WIB

KOMPAS.com - Menghilangkan komedo (blackhead) bukanlah hal yang mudah dan sering kali bisa berisiko melukai kulit wajah.

Sehingga, komedo yang ingin kita hilangkan biasanya akan lebih tampak seperti bekas luka atau hiperpigmentasi yang mengganggu penampilan wajah.

Menurut para ahli, komedo sebenarnya hanya folikel rambut yang tersumbat oleh sel-sel kulit mati, minyak, dan bakteri, yang menjadikannya lubang lebar di permukaan kulit.

Tetapi, ketika semua kotoran ini mengenai udara terbuka (karena bukaannya yang lebar), maka akan teroksidasi dan berubah menjadi hitam atau komedo.

Baca juga: Komedo Hitam Viral di Twitter, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Nah, meski terbilang sulit, namun kita tidak perlu khawatir karena ternyata ada beberapa tips ampuh yang dapat menghilangkan dan mencegah komedo.

Untuk memulainya, kita perlu melakukan perubahan pada rutinitas perawatan kulit, seperti yang dilansir dari laman Lifestyle Asia berikut ini.

1. Cuci wajah dengan pembersih yang lembut

Tahan godaan untuk menghilangkan komedo dengan pembersih yang kasar atau berbentuk scrub karena itu bisa berdampak bagi kulit wajah, terutama yang memiliki kulit wajah sensitif.

Sebaliknya, gunakan pembersih yang lembut untuk menghindari kulit menjadi sangat kering atau menyebabkan peningkatan produksi sebum yang memperburuk masalah.

Dengan memilih pembersih yang mengandung asam glikolat juga dapat membantu membersihkan pori-pori sel kulit mati yang secara otomatis mencegah munculnya komedo.

2. Menguapi wajah

Sebelum mencoba ekstraksi atau membersihkan komedo di rumah, sangat penting menggunakan panas untuk melonggarkan dan melunakkan kotoran yang terperangkap di pori-pori terlebih dulu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.