Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Mengenal Jenis-jenis Jerawat

Kompas.com - 21/07/2022, 07:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Jerawat yang bertengger di permukaan kulit wajah sering kali membuat kita tak percaya diri. Kondisi itu kerap disebut sebagai breakout. Akan tetapi, ternyata istilah itu tidak sepenuhnya akurat karena tiap jerawat memiliki karakteristiknya masing-masing.

Selain itu, diperlukan perawatan yang sesuai dengan jenis jerawat. Namun, menurut dr. Dian dalam siniar Semua Bisa Cantik bertajuk “Tepis Kulit Berjerawat dengan Cara Ini!”, yang paling penting adalah memperhatikan penggunaan produk skincare dan pola hidup.

Jerawat biasanya disebabkan oleh berbagai, misalnya penumpukan sel-sel kulit mati dan debu, perubahan hormon saat memasuki masa pubertas atau menstruasi, buruknya pola hidup, serta stres. Oleh sebab itu, mengidentifikasi jenis jerawat adalah kunci agar pengobatannya tepat.

Lalu, apa saja jenis-jenis jerawat yang biasanya ada di kulit wajah kita? Melansir dari Healthline, berikut adalah jenis-jenisnya.

Jerawat Noninflamasi

Jerawat ini biasanya tidak menyebabkan pembengkakan dan lebih mudah disembuhkan dengan produk perawatan yang memiliki kandungan asam salisilat.

Jerawat ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu blackheads (Komedo Terbuka) dan whiteheads (Komedo Tertutup). Adapun penyebab blackheads adalah pori-pori yang tersumbat oleh kombinasi sebum dan sel kulit mati.

Meskipun bagian atas pori tetap terbuka, tapi sisanya tersumbat. Hal inilah yang menghasilkan karakteristik warna hitam di permukaannya.

Baca juga: Pentingkah Menjalani Puasa Skincare?

Pembentukan whiteheads sama seperti blackheads. Namun, yang membedakan adalah bagian atas pori-porinya menutup sehingga lebih sulit dibersihkan. Oleh karena itu, ia terlihat seperti benjolan kecil di kulit.

Jerawat Inflamasi

Jerawat inflamasi biasanya ditunjukkan dengan pembengkakan dan kemerahan di sekitar area tersebut. Selain sel kulit mati, jerawat jenis ini juga disebabkan oleh bakteri sehingga infeksi terjadi di bawah permukaan kulit.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.